Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat

Gambariklan.com - Telinga tentu menjadi indra pendengaran yang harus dijaga, cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat tidak terlalu sulit, tetapi butuh perhatian khusus dan rutin diakukan.

Membersikan dan merawat telinga bisa dikatakan susah susah gampang untuk dilakukan karena meskipun tidak ribet kamu tetap harus rajin dan hati-hati melakukannya agar terhindar dari munculnya luka dan infeksi.

Berikut gambar iklan ada beberapa tips dan cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat yang bisa kamu lakukan.

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat


1. Rutin Bersihkan Bagian Telinga Yang Terlihat

Cara pertama yang paling penting kamu bisa membersihkan bagian luar telinga atau bagian yang terlihat dengan membasuhnya menggunakan tisue atau kain pembersih, tapi ingan jangan masukkan benda apa pun bentuknya yang berukuran kecil.

1. Rutin Bersihkan Bagian Telinga Yang Terlihat
Apabila ingin membersihkan bagian dalam jangan gunakan benda benda tajam dalam bentuk apapun misalnya temiti, pin, dan sebagainya karena bisa saja beresiko merusak gendang telinga. Bersihkan bagian dalam yang terjangkau saja dengan cottonbud yang lembut, jangan terlalu dalam.

2. Telinga Punya Caranya Sendiri Untuk Membersihkan

Perlu kamu tau kalau telingka kita memiliki mekanismenya sendiri untuk membersihkan kotoran didalamnya, jadi ketika kita membersihkan bagian lubang telinga lebih baik jangan terlalu dalam.

Nah jika rasanya kotoran pada telinga sudah sangat gatal atau mulai mengurangi kualitas pendengaran, jangan dibersihkan sendiri, lebih baik kunjungi dokter telinga terdekat.

3. Jika Telinga Terasa Perih

Apabila setelah membersihkan atau karena keadaan tertentu didalam telinga terasa perih maka langsung ambil tindakan untuk berkonsultasi kepada dokter.

4. Jangan Di Tindik Atau Menggunakan Aksesoris Berbahaya

Anting untuk perempuan itu hal yang sangat wajar karena ketika membuat lubangnya dilakukan oleh tim medis.

Berbeda jika menggenakan aksesoris misalnya tindik dan lain lain, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut dan biarkan telinga seperti sedia kala agar kualitas pendengaran tetap terjaga.

5. Jalani Perawatan Rutin

Ada baiknya juga jika melakukan perawatan rutin demi menghindari resiko infeksi telinga, perawatan ini dilakukan pada tempat praktk dokter THT sekaligus dengan melakukan perawatan hidung dan tenggorokan.

6. Jangan Gunakan Obat yang Mempengaruhi Pendenganran

Ada beberapa jenis obat yang mempengaruhi pendengaran, jadi jangan sembarangan menggunakannya, apabila harus karena ada penyakit tertentu yang harus ditangani maka pastikan sudah sesuai dengan anjuran dokter.

7. Jangan Bersihkan Dalam Telinga Setiap Hari

Membersihkan bagian lubang telinga setiap hari juga tidak bagus karena akan membuat bagian dalam telinga menjadi kering. Lendir yang ada didalam telinga berfungsi untuk menangkap kotoran agar tidak masuk lebih dalam.

Kalau dibersihkan setiap hari dan telinga bagian dalam menjadi kering dikhawatirkan kotoran lebih mudah masuk dan memiliki resiko infeksi.

Semakin tua usia maka kualitas pendengaran bisa menurun juga karena itu telinga merupakan salah satu panca indera yang harus dijaga kesehatannya, untuk itu kamu sangat disarankan untuk selalu menjaga kesehatan telinga kamu mulai dari sekarang.

Tindakan Cara Menjaga Kesehatan Telinga


1. Cara yang Benar Membersihkan Telinga

Membersihkan telinga dengan cotton bud secara rutin justru bukanlah hal yang baik, banyak yang mengajurkan untuk tidak memasukkan cotton bud atau sesuatu lainnya ke dalam telinga karena dikhawatirkan berisiko untuk mendorong kotoran telinga masuk ke dalam.

Apalagi jika memasukkan sesuatu benda yang tajam dan keras ke dalam rongga telinga juga berisiko dapat merusak organ sensitif dalam telinga misalnya gendang telinga dan bagian dalam.

Cara membersihkan telinga yang benar tidaklah sulit, pada dasarnya telinga mampu untuk membersihkan dirinya sendiri dengan adanya cairan atau lendir di dalam telinga bisa berfungsi untuk menangkap debu dan kotoran lain masuk lebih dalam.

Nah untuk membersihkan telinga kamu bisa menggunakan handuk lembut atau sapu tangan atau tisu dan semacamnya pada bagian sekitar rongga telinga saja, jangan terlalu dalam. Apabila terasa ada kotoran yang keras dan mengganggu langsung saja minta bantuan dokter untuk membersihkannya.

2. Hindarkan Telinga dari Suara Keras

Seperti yang kita tau bahwa fungsi telinga adalah untuk mendengar tapi tentunya telinga kita mempunyai kapasitas kemampuan untuk mendengar suara dalam frekuensi terntetu.

2. Hindarkan Telinga dari Suara Keras

Sebagian besar suara cocok untuk didengar telinga dan tidak semua suara masuk ke dalam kategori aman dan apabila terlalu sering terpapar suara keras maka akan berimbas dapat mengurangi kemampuan pendengaran.

Contoh dari sumber suara yang tergolong keras banyak macamnya, misal dari suara lingkungan kerja konstruksi, musik dan lain sebagainya dimana suara tersebut sangat memekakkan telinga.

Karena itu untuk menjaga kesehatan telinga dari suara suara keras kamu bisa melakukan tindakan-tindakan seperti gunakan pelindung telinga jika lingkungan kerja selalu menciptakan suara keras contonya jika ada mesin pemotong rumput atau alat-alat listrik yang bersuara berat.

Hindari juga untuk mendengarkan dua sumber suara keras sekaligus karena dapat merusak pendengaran misalnya ada suara konstruksi dan mendengarkan musik dengan suara keras, kalau pergi ke konser musik gunakan juga penyumbat telinga untuk mengurangi kadar intensitas suara yang masuk.

3. Kondisi Telinga Harus Tetap Kering

Sebagai informasi penting jika kondisi telinga yang selalu basah atau lembab bisa menyebabkan kemungkinan bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga, dan resikonya bisa menyebabkan infeksi.

Memang lendir didalam telinga berfungsi untuk menangkap kotoran, tapi jika kondisi telinga dalam selalu basah karena air dari luar barulah menjadi sebuah masalah, jika banyak bakteri masuk maka bakteri ini bisa menyebabkan iritasi dan infeksi pada saluran telinga.

Karena itu jagalah kondisi telinga kamu selalu kering dari air luar yang masuk ke dalam, serta apabila punya hobi berenang sebaiknya gunakan penyumbat telinga khusus utuk renang agar melindungi telinga dari air kolam.

4. Rutin Periksa Ke Dokter

Tidak kalah penting untuk memeriksakan telinga kamu ke dokter secara rutin, apa lagi jika usia sudah bertambah tua, di masa itu gangguan pendenganran mulai muncul dan kamu harus memastikan kondisi telinga tetap dalam keadaan sehat.

Itulah kiat-kiat, tips dan Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat sehingga sampai kapanpun kita bisa menggunakan organ pendengaran kita dengan baik, dan tentu terhindar dari penyakit-penyakit pendengaran yang tidak di inginkan.