Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Mata Ketika Menggunakan Gadget

Cara Menjaga Kesehatan Mata Ketika Menggunakan Gadget

Gambariklan.com - Ponsel dan laptop sekarang sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan kita karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan mata ketika menggunakan gadget agar tidak mudah lelah.

Semakin sering kita menggunakan gadget maka semakit tidak menyadari jika salah menggunakan atau terlalu lama dan terlalu sering akan memberikan efek yang cukup berbahaya untuk kesehatan mata.

Pada dasarnya jarak rata rata ketika kita menggunakan gadget tidak lebih dari 10 inci dari wajah, padahal jarak yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan mata haruslah lebih dari 15inci, maksimal 18 inci lah yang masih terlihat jelas.
Penggunaan gadget yang terlalu dekat dengan mata pastinya akan memberikan dampak buruk, karena itu ada beberapa cara menjaga kesehatan mata ketika kita menggunakan gadget, ponsel atau smartphone.

1. Seringlah Berkedip Lebih Banyak

Tips pertama agar pandangan tetap sehat ketika menggunakan smartphone atau gadget atau kegiatan melihat informasi pada gawai sadarkan diri untuk berkedip lebih sering karena jika mengikuti fokus maka mata menjadi sedikit berkedip dan lama kelamaan akan mudah kering lelah dan merasa perih.

2. Besarkan Ukuran Font Pada Ponsel

Berikutnya karena disarankan kita memegang gawai jauh dari mata dengan jarak tertentu maka agar tetap mudah membaca teks dan informasi lainnya maka ubah ukuran font menjadi lebih besar, apalagi jika usia sudah mulai menanjak lebih baik jangan dipaksakan untuk melihat ukuran font yang kecil.

3. Atur dan Redupkan Layar Ponsel

Cahaya terang dari gadget tidak bagus untuk kualitas tidur dan istirahat, karena itu jika memegang ponsel atau smartphone di malam hari sebelum atau menjelang tidur maka sangat disarankan untuk meredupkan layar ponsel agar mata tidak terlalu lelah.

4. Imbangi Dengan Aktifitas di Luar

Jangan sampai menjadi ketergantungan dengan gadget dan menghabiskan waktu seharian bermain atau menggunakan smartphone, agar mata tetap dalam keadaan normal maka otot mata harus tetap elastis.

Menjaga otot fokus mata agar tetap sesuai fungsinya tentu tidak boleh menatap suatu obyek dengan jarak tertentu dalam waktu yang lama. Karena itu imbangilah aktifitas diluar ruangan agar mata bisa mengatur kembali kemampuan fokus dengan melihat jauh dan dekat secara bergantian.

Terlebih lagi jika sepanjang hari selama sepekan kita tidak terlepas dari gadget karena tuntutan pekerjaan, maka dari itu jalan jalan atau mengunjungi tempat tempat yang benuansa alami dan dominan berwarna hijau bisa mengembalikan kesegaran dari mata yang lelah. Memandang landscape alam yang membentang juga baik untuk menjaga otot mata agar bisa tetap elastis dan mempertahankan kekuatan fokus normalnya.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Menjaga Kesehatan Mata Ketika Menggunakan Gadget
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Mata Ketika Menggunakan Gadget"