Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Keamanan Ponsel Smartphone Android

Cara Menjaga Keamanan Ponsel Smartphone Android

Gambariklan.com - Di masa akses internet digital pastinya keamanan smartphone Android menjadi sebuah kebutuhan dengan perhatian khusus.

Pada dasarnya ada banyak sekali cara untuk menjaga dan membuat keamanan ponsel smartphone android, namun basically bisa dengan memaksimalkan fitur fitur bawaan dari Android tersebut.

Memang melakukan langkah langkah pengamanan android cukup terkesan merepotkan, mulai dari menggunakan fitur keamanan yang dibekali oleh Google dan mengatur sistem keamanan bawaan dari smartphone.

Berikut ini gambar iklan sudah merangkum beberapa tips dan cara untuk memastikan keamanan perangkat smartphone Android kamu dengan mengatur serta mengecek ulang fitur dan sistem yang sudah ada.

Cara Mengaktifkan Keamanan Ponsel Smartpone Android


1. Aktifkan Fitur Lock Screen

Pertama yang harus kamu lakukan untuk memastikan keamanan perangkat bisa dengan mengaktifkan fitur Lock Screen, sederhana saja fitur ini berguna agar perangkat tidak mudah dibuka orang lain.

1. Aktifkan Fitur Lock Screen
Hampir semua ponsel baru pasti melakukan setting lock screen caranya dengan membuka menu Setting, pilih Security dan berikutnya buka Screen Lock. Kamu akan diminta memilih jenis penguncian layar, sebagai saran saja aktifkan semuanya mulai dari menggunakan PIN, password dan juga keamanan menggunakan biometrik.

Fitur keamanan dasar ini sangat penting mengingat sekarang ponsel smartphone android bisa dipinjam siapapun karena adanya ketertarikan tetang apa saja isi yang terdapat didalam ponsel tersebut, maka dari itu fitur lock sreen bisa menjadi pembatas antara kamu dan tangan orang lain.

2. Gunakan Google Play Protect

Kemudian masuk kedalam sistem kamu bisa menggunakan Google Play Protect yang bisa memindai malware. Kamu tidak perlu mendownload karena sudah otomatis ditanamkan oleh Google kedalam ponsel.

Fungsinya kamu bisa lebih mewaspadai dan memindai aplikasi pada perangkat untuk memastikan jika tidak ada malware.

Sebenarnya fitur Google Play Protect aktif otomatis, tapi jika ingin memastikannya masuk saja ke menu Setting-> Security->buka Google Play Protect kemudian klik ikon roda gerigi pada pojok kanan atas layar dan lihat saja pada opsi Scan apps with Play Protect dan Improve harmful app detection seharusnya fitur ini sudah aktif.

3. Lakukan Security Checkup Google

Tidak kalah penting kamu juga harus menjaga keamanan akun Google dengan melakukan pengecekan Security Checkup secara rutin untuk memastikan keamanannya.

Caranya buka menu Settings cari opsi Google dan berikutnya buka Manage your Google Account, cari opsi Security dan buka untuk mengetahui apakah akun mu tetap aman atau ada masalah yang muncul.
4. Jangan Pernah Menginstal Aplikasi Sembarangan

Kamu pasti tau tentang opsi Installing Apps from Unknown Sources ketika akan menginstall aplikasi hasil download dari browser dan situs yang menyediakan master apk gratis dengan berbagai kelebihan.

Memang pada dasarnya pilihan ini bisa membantu menginstall aplikasi yang didapatkan dari pihak ketiga berformat APK, tetapi keamanan ponsel bisa jatuh karena fungsi ini apalagi jika aplikasi apk yang kamu install tersebut hasil modifikasi.

Sangat disarankan agar kamu tidak mematikan fitur ini dan hanya menginstall aplikasi dari sumber terferifikasi yaitu Google Play Store atau app store bawaan dari ponsel itu sendiri.

5. Gunakan Fitur Safe Browsing di Chrome

Ketika berselancar didunia internet pun kamu bisa menggunakan perambaan Chrome yang pasti ada sebagai bawaan perangkat karena sudah bisa dipastikan memiliki sistem keamanan tersendiri yang di bangun khusus untuk ponsel android.

Jadi kamu bisa menggunakan fitur Safe Browsing agar ketika internetan bisa aman dari ancaman malware, cara menggunakannya yaitu buka ikon tiga titik pada pojok kanan atas browser chrome kemudian pilih Settings -> buka Sync and Google Service dan terakhir pastikan fitur Safe Browsing sudah di aktifkan.