Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengkonsumsi Madu Yang Benar Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal

Cara Mengkonsumsi Madu Yang Benar Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal

Gambariklan.com – Madu merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi, karenanya kamu juga harus tau bagaimana cara mengkonsumsi madu yang benar agar benar – benar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Sebenarnya cara sehat mengonsumsi madu ini juga tidak kalah penting dengan meminum madu itu sendiri, meskipun demikian tidak juga bisa dipungkiri bahwa madu tetaplah termasuk pemanis tambahan.

Madu memang bagus, tetapi mengkonsumsi madu secara berlebihan pun juga tidak disarankan karena dapat berakibat buruk pada kesehatan. Berdasarkan penelitian kita tidak boseh mengkonsumsi gula dari 6 sendok teh takaran perharinya untuk wanita dan tidak lebih dari 9 sendok teh untuk pria perharinya begitupun dengan minum madu.
Aslinya memang madu berasal dari sumber alami, tetapi menjadi berbeda ketika sudah menjadi kemasan karena pastilah ada bahan bahan tertentu yang ditambahkan, dan juga tubuh menganggap gula dan madu itu sama meskipun hasil penguraiannya berbeda. 

Cara mengonsumsi madu yang sehat harus memperhatikan jumlah takaran perharinya agar tidak berlebihan. Madu disebutkan mengandung 64 kalori dan 17 gram gula jadi setiap hari disarankan untuk menjaga asupan dibawah bawah 100 kalori khusus wanita dan 150 kalori khusus pria.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mengkonsumsi madu karena juga mengandung fruktosa yang hampir mirip dengan gula.

Perhatikan Jenis Madu

Pertama yang harus kamu tau madu memiliki banyak jenisnya dimana jenis utamanya mulai dari organik, dark, light, raw, dan filtered, jenis jenis tersebut merupakan acuan darimana sumber madu dihasilkan.

Pembedaan jenis juga berdasarkan bunga yang nektarnya dikonsumsi lebah mulai dari warna, rasa, dan kandungan nutrisi madu itu juga mengacu pada nektar si lebah.

Pada umumnya cara memilih madu bisa dinilai dari rasanya sehingga disesuaikan dengan penggunaannya, misalnya madu dengan rasa kuat lebih baik untuk campuran makanan dan bukan dikonsumsi langsung.

Jika yang kamu beli madu asli, maka warna juga berpengaruh yaitu madu dengan warna gelap dikatakan memiliki kadar antioksidan lebih banyak walaupun dari segi rasa lebih pahit dari biasanya maka dari itu sesuaikan jenis madu dan penggunaannya.

Pilihlah Berdasarkan Kualitas Madu

Kedua mungkin yang cenderung sulit karena kualitas madu hanya dipahami oleh para pakar pakar madu, kalau sudah menjadi kemasan mungkin kita harus mempertimbangkan list gizi yang dicantumkan.

Jika kamu suka dengan madu dan ingin mulai terapi minum madu lebih baik pelajari dan lakukan riset terlebih dulu tentang kemurnian dan kualitas madu.

Untuk produk madu kemasan jangan malas membaca kemasan dan jangan mudah tergiur dengan harga murah. Lebih baik pilih madu dengan merek merek ternama walaupun lebih mahal kita masih bisa yakin dengan kandungannya.

Sebagai informasi yang penting bentuk madu yang bagus tidak cair seperti sirup dan tidak terlalu terasa lengket di tangan, kemudian dari sisi baunya lebih beraroma bunga. Kalau misalnya ingin lebih yakin kamu bisa mencari petani madu hutan di desa pelosok, sangat mahal memang tapi kualitas madunya luar biasa.

Menyajikan Madu

Cara konsumi madu yang benar bisa dengan langsung minum pertakaran sendok teh, dan yang lebih nyaman bisa mencampurkan madu dengan bahan makanan lain misalnya mencampur satu sendok makan madu ke dalam teh atau bisa juga di taburkan pada atas yoghurt, bisa juga dicampur ketika makan roti.

Jika ada makanan yang lebih enak terasa manis maka madu lebih disarankan menjadi alternatif daripada gula atau sirup. Kalau untuk pemakaian lainnya yang spesifik misalnya untuk membuat kue, kamu bisa mengatur sesuai kadar yang disarankan.

Memberikan Madu Pada Anak

Khusus untuk memberikan asupan madu kepada anak harus sangat diperhatikan karena kita tidak boleh memberikan madu kepada anak yang berusia di bawah satu tahun karena di tubuh bayi bisa berkembang racun dari jenis bakteri tertentu yang bernama Clostridium Botulinum.

Setelah anak berusia satu tahun baru kamu bisa memberikan madu dengan takaran yang tepat dimana pencernaan si anak sudah mampu melawan racun meskipun bersifat kecil.

Mungkin itulah beberapa tips dan cara sehat mengonsumsi madu yang harus duperhatikan agar mendapatkan manfaat yang maksimal dan menjadikan badan kita menjadi lebih sehat.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Mengkonsumsi Madu Yang Benar Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Cara Mengkonsumsi Madu Yang Benar Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal"