Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Yang Benar

Begini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Yang Benar

Gambariklan.com - Jangan khawatir dengan cara mengatasi sakit tenggorokan yang katanya ribet, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika mengalami sakit tenggorokan agar rasa sakitnya berkurang.

Sebagai informasi sebagian besar kasus sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri contohnya seperti radang tenggorokan yang hanya perlu diobati dengan antibiotik tetapi bisa juga disebabkan oleh virus seperti flu yang tidak bisa di obati, hanya menunggu flu sembuh maka sakit tenggorokan pun hilang.

Kalau kamu sedang merasakan sakit tenggorokan bisa kok coba beberapa cara sederhana untuk membantu meredakan sakit tenggorokan berikut ini sembari menunggu gejala yang ada sembuh.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan


1. Berusahalah Untuk Tetap Terhidrasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi dan meredakan sakit tenggorokan yaitu dengan banyak minum cairan atau menghindari dehidrasi karena ketika sakit kondisi tubuh cenderung mengalami dehidrasi, karena itu dengan tetap terhidrasi juga dapat membantu tubuh kamu untuk menghasilkan lebih banyak air liur.

1. Berusahalah Untuk Tetap Terhidrasi
Jika tubuh mendapatkan cukup asupan air dan produksi air liur menjadi lebih banyak maka tenggorokan akan terlumasi lebih baik dan menjaganya agar tidak kering hingga teriritasi, kamu bisa minum banyak cairan entah itu hangat atau dingin untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Sangat disarankan untuk selalu menjaga kebiasaan minum cairan hangat untuk membantu menenangkan tenggorokan bagian belakang dan mengurangi batuk, misalnya dengan minum teh herbal atau air hangat campur madu.

2. Maksimalkan Konsumsi Madu

Melanjutkan poin pertama kamu bisa tetap menjaga minum hangat dengan menambahkan madu ke teh atau air hangat saja untuk membantu meringkankan sakit tenggorokan, karena ada penelitian dimana meminum satu sendok makan madu dua kali sehari bisa membuat sakit tenggorokan lebih cepat pulih.

2. Maksimalkan Konsumsi Madu

Mencampurkan teh dengan madu sering dilakukan dan baik sekali dalam meredakan sakit tenggorokan, apalalagi rasanya yang ringan dan bisa membuat lebih rileks.

3. Berkumur Dengan Air Garam

Kamu bisa juga berkumur-kumur menggunakan air garam utuk lebih meringankan rasa sakit tenggorokan yang cukup mengganggu menelan dan bernafas, caranya dengan mencampur setengah sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat dan berkumurlah pada di bagian belakang tenggorokan tapi jangan tertelan.

Lebih baik jangan lakukan cara ini untuk anak-anak karena masih sulit untuk mengontrol agar tidak tertelan, untuk anak lebih baik diberi banyak minum air teh hangat campur madu. Pada dasarnya sangat sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa air asin dapat membunuh kuman di tenggorokan tetapi disisi lain garam mampu untuk mengurangi rasa sakit dari pembengkakan.

4. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Menggunakan obat pereda nyeri juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan ketika sakit tenggorokan, obat yang bisa digunakan seperti asetaminofen dan ibuprofen, tetapi tetap untuk hal ini konsultasi terlebih dahulu dengan dokter obat mana yang cocok untuk kamu.

Cara kerjanya cukup sederhana yaitu ibat pereda nyari akan menghentikan tubuh dari memproduksi agen inflamasi yang disebut prostaglandin, fungsi obat ini bukanlah menyembuhkan tapi mengurangi rasa sakit yang muncul.

5. Hirup Uap Air Hangat

Sakit tenggorokan bisa menjadi lebih parah ketika menghirup udara kering karena bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan, cara terbaik yang bisa kamu lakukan yaitu menjaga udara tetap lembab atau bernafas pada kondisi udara lembab.

Untuk membuat kondisi udara menjadi lembab bisa menggunakan humidifier atau mandi dengan air panas sehingga mengasilkan uap kemudian duduk menghirup dalam uap selama beberapa menit akan bisa meringankan dan melonggarkan lendir pada tenggorokan.

Kalau merasa ribet, kamu juga bisa menaruh air hangat pada bejana dan hirup uapnya untuk beberapa kali. Cara ini sering digunakan untuk melonggarkan lendir yang kental sehingga bisa lebih lunak kemudian mudah untuk dikeluarkan.

Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan


Tanpa tergantung obat-obatan, ada kok cara alami meredakan sakit tenggorokan yang bisa di lakukan untuk meringankan rasa mengganjal apalagi sulit menelan dan sulit bernafas.

1. Sering Minum Air Putih Hangat

Apabila kamu yakin dan benar sedang mengalami radang tenggorokan maka cara pertama harus banyak mendapatkan asupan cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya pasalnya kalau dibiarkan tetap kekurangan cairan, tubuhpun tidak menghasilkan cukup air liur untuk menjaga tenggorokan tetap lembap sehingga pembengkakan dan peradangan bisa semakin buruk.

Maka dari itu kamu harus banyak minum air putih hangat hingga kondisi urin berwarna kuning terang atau jernih, warna tersebut menunjukkan tubuh kamu cukup terhidrasi dan membuat selaput lendir tetap lembap dan tetap bisa bekerja dengan baik melawan bakteri penyebab iritasi.

2. Kumur Air Perasan Lemon

Cara meredakan sakit tenggorokan yang klasik dan banyak dilakukan orang tua yaitu campurkan saja 1 sendok perasan lemon ke dalam secangkir air hangat kemudian gunakan untuk kumur selama beberapa detik dan lakukan kumur tersebut beberapa kali dalam sehari secara rutin.

Air lemon mengandung properti astringent yang dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan sehingga rasa sakit ketika menelan akan bisa berkurang dan juga menciptakan lingkungan asam demi membantu mematikan virus penyebab iritasi.

3. Kumur Dengan Air Garam

Berikutnya kamu juga bisa berkumur menggunakan air garam hangat yang banyak mengatakan ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan alami dan meredakan nyeri tenggorokan.

Kamu bisa kumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari untuk mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir yang mengental serta membantu membunuh bakteri penyebab iritasi.

Caranya sangat mudah campurkan saja 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat kemudian aduk sampai garam larut dengan air dan gunakan untuk berkumur selama beberapa detik dengan tempo 4-5 kali sehari secara rutin.

4. Kumur Dengan Air Kunyit

Selain garam dan lemon, kamu juga bisa menggunakan kunyit sebagai bahan kumur yang memiliki kandungan antioksidan kuat dan bisa menjadi salah satu obat alami sakit tenggorokan.

Cara meredakan sakit tenggorokan denga kunyit sangat mudah cukup campurkan setengah sendok kunyit bubuk yang bisa kamu beli kemasan dengan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat kemudian gunakan untuk kumur selama beberapa detik serta ulangi hal tersebut beberapa kali dalam sehari agar memberikan hasil yang maksimal.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Begini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Yang Benar
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Yang Benar"