Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kapasitas Gmail yang Sudah Penuh

Cara Mengatasi Kapasitas Gmail yang Sudah Penuh

Gambariklan.com - Ada kalanya setelah lama digunakan maka layanan Gmailpun bisa penuh juga. Jika itu terjadi kamu bisa coba cara mengatasi kapasitas gmail yang sudah penuh berikut ini.

Perlu diketahui kalau layanan Gmail ini selalu beradaptasi agar mempermudah para penggunanya dan menyediakan kapasitas penyimpanan data cloud menjadi 15GB.

Keliatannya kapasitas 15GB sudah besar, namun saat ini kapasitas tersebut sangatlah kurang apalagi lampiran lampiran sekarang terhitung lebih besar.

Dan juga kapasitas yang diberikan oleh Gmail ini juga digunakan bersama produk Google lain seperti Drive dan Photos maka dari itu tidaklah heran jika digunakan terus akan bisa penuh. 
Nah, berikut ini ada beberapa tips dan cara mengosongkan penyimpanan di Gmail yang bisa kamu coba karena langkah langkahnya sangat mudah.

Cara Mengosong Kapasitas Gmail yang Sudah Penuh


1. Hapus dan Buang Semua Email Sampah

Pertama yang harus kamu lakukan yaitu menghapus semua email sampah yang ada. Jika kamu menggunakan Gmail sebagai akun utama maka akan banyak email promo toko online ataupun newsletters dan lain lain, email seperti ini sangat menghabiskan kuota dan tidak berguna.

Cara Mengosong Kapasitas Gmail yang Sudah Penuh

Kamu dapat mencari dan mengecek email dimana dikirim secara otomatis dengan menggunakan cara ketik di kolom pencarian Gmail "unsubscribe", khusus ini jangan lupa menyertakan tanda kutip " " maka akan muncul semua pesan yang memiliki kata unsubscribe.

Kamu juga bisa mencarinya pada tab "Promotion" atau "Promosi" karena secara default Gmail akan mengurutkan email seperti ini mulai dari toko online, newsletter dan daftar lainnya.

Jika semua email sampah tersebut sudah ditemukan tinggal hapus saja dengan klik checkbox di bagian atas agar semua pesan terpilih sekaligus dan bisa menghapusnya bersamaan. Jangan lupa klik ikon tong sampah untuk men-delete semua pesan.

2. Cari Lampiran Berukuran Besar dan Hapus Permanen

Penyebab gmail penuh berikutnya yaitu karena adanya Email dengan lampiran atau attachment berukuran besar entah itu yang dikirim atau diterima.

Untuk menghapusnya dengan mudah caranya buka Gmail di smartphone atau desktop dan ketik "size: 5m" tanpa tanda kutip maka akan muncul seluruh email yang memiliki ukuran 5MB atau lebih besar dan tinggal dihapus permanen saja.

3. Hapus Permanen Email Lama yang Tidak Digunakan

Berikutnya mungkin kamu bisa mengosongkan kapasitas di Gmail dengan menghapus email lama karena pada Gmail sudah disediakan fitur mencari dan menghapus semua email sebelum tanggal tertentu.

3. Hapus Permanen Email Lama yang Tidak Digunakan
Caranya tingga mengetikkan kalimat "old_than:1y" apabila ingin mencari email lebih dari 1 tahun lalu,dan juga bagian ": 1y" bisa disesuaikan dengan lama email yang ingin dicari, rasanya sih sebelum satu tahun yang lalu sudah cukup.

Kode "y" yang artinya tahun bisa kamu ganti dengan "m" atau "d" yang berarti bulan atau hari, tergantung kebutuhan saja.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mengosongkan kapasitas akun Gmail yang sudah penuh dengan mudah. Jika email kamu digunakan untuk akun utama maka cara ini harus sering sering dilakukan agar kapasitas lega selalu tersedia.

Artikel telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Mengatasi Kapasitas Gmail yang Sudah Penuh
Penulis : Mas Muktiaji