Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Memancing Di Laut

Tips dan Cara Memancing Di Laut

Gambariklan.com - Ada beberapa Tips dan Cara Memancing Di Laut yang harus diperhatikan sebelum kamu berlayar ke perairan lepas untuk mendapatkan sambaran dan ikan-ikan besar.

Hobi atau aktifitas memancing di lautan lepas adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman khusus untuk bertahan hidup ditengah laut, meskipun untuk sebatas hobi tidak akan melebihi waktu dari sehari semalam.

Kendati demikian memancing di laut lepas adalah sebuah hobby yang nilai perhitungannya cukup mahal dengan banyak resiko yang bisa saja dihadapi, karenanya dibutuhkan pengetahuan yang harus mumpuni agar bisa mendapatkan tangkapan yang memuaskan serta kembali dengan selamat.

Tips dan Cara Memancing Di Laut


Berikut ini Gambar Iklan merangkum beberapa tips dan cara untuk memancing dilaut yang harus diketahui dan dipahami mulai dari pemilihan umpan, peralatan, waktu yang tepat, hingga faktor-faktor yang sangat berpengaruh ketika memancing di tengah lautan lepas.

Pemilihan Umpan Untuk Mancing Di Laut


Mungkin tips pertama adalah pemilihan umpan yang akan digunakan untuk mancing di laut karena jelas tidak sama dengan umpan mancing di air tawar, karena pada dasarnya di lautan lepas memiliki varian jenis ikan yang agresif dan galak, maka dari itu pemilihan umpan harus selektif.

Pemilihan Umpan Untuk Mancing Di Laut
Pilihan umpan ada dua yaitu umpan alami dan umpan buatan atau artifisial, memang secara ilmu pengetahuan rantai makanan ikan dilaut tentu lebih suka dengan umpan alami kecuali jika kita menargetkan ikan teritorial yang rakus.

Setiap jenis umpan entah itu alami atau buatan memiliki target ikan yang berbeda-beda, jadi pastikan umpan yang kamu gunakan sesuai dengan ikan yang akan dipancing. Secara teknis umpan buatan atau umpan tiruan seperti jenis minnow, lure jenis top water, lure jenis viberation dan sebagainya akan lebih potensial untuk mancing di laut pinggiran.

Sedangkan jika target kita mancing di laut lepas dengan kapal maka akan sangat disarankan dan diharuskan untuk menggunakan umpan alami karena lebih menarik ikan pemangsa dengan baunya yang alami.

1. Menggunakan Umpan Bandeng

Pilihan pertama kamu bisa menggunakan umpan ikan bandeng untuk mancing dilaut karena menjadi salah satu umpan terbaik, ukuran dari umpan yang bagus untuk mancing dilaut lepas berkisar dibawah 400 gr dan jangan terlalu besar.

Angler yang lapangan mainnya di lautan dalam akan lebih memilih untuk menggunakan ikan bandeng dengan ukuran cukup besar dan yang masih segar atau bahkan masih hidup karena pada ukuran tersebut ikan-ikan predator bisa melihat langsung umpan yang diturunkan ke dalam laut.

2. Mancing Dengan Umpan Belut

Kemudian ada juga penggunaan umpan belut yang target ikannya adalah marlin putih dimana termasuk salah satu ikan idaman para pemancing, yang jelas untuk memasang umpan belut pada kail itu tidak mudah dan karena hal inilah pemancing jarang menggunakan umpan ini.

Apabila kamu ingin mencoba menggunakan umpan belut bisa dengan cara membiarkan belut pada suatu tempat bejana atau ember selama 3 hingga 4 minggu tanpa diberi makan kemudian taruh garam kasar ke tempat belut berada dengan begitu lendir-lendir yang licin akan hilang dan belut akan mati.

3. Umpan Mancing Dilaut Dengan Daging Ikan

Potongan daging ikan adalah salah satu jenis umpan yang paling sering dipakai oleh para pemancing. Jenis ikan yang disarankan yaitu daging ikan tuna dengan cara disayat atapun dijadikan fillet dengan ukuran kecil karena sisi luar ikan berwarna perak mengkilat yang memantulkan cahaya sehingga menarik perhatian ikan target.

Memilih umpan untuk mancing dilaut juga membutuhkan pengalaman untuk melihat umpan yang sesuai dengan spot serta ikan target, penting juga untuk kita melakukan eksperimen memilih dan mencampur umpan dengan racikan tertentu yang bisa menarik banyak ikan target.

Kadang pemancing juga mencampur umpan daging ikan dengan pelet, tepung ikan, atau tepung udang dan terasi pokoknya yang amis amis agar mendapatkan target dan tangkapan yang memuaskan.

Pilihan Teknik Mancing di Laut


Bersanding dengan pemilihan umpan, kamu juga harus mengetahui teknik memancing seperti apa saja yang cocok untuk mancing di laut yang sesuai dengan umpan serta teknik-teknik yang sering dipakai oleh para pemancing.

1. Teknik Mancing Rockfishing

Pertama ada teknik mancing rockfishing dengan lokasi mancing berada di pinggir pantai yang berkarang dan cukup terjal sehingga spot sulit dicapai dan karenanya sedikit sekali saingan pemancing sehingga memiliki tantangan dan kemungkinan mendapatkan ikan lebih bisa diharapkan.

1. Teknik Mancing Rockfishing
Kelebihan memancing dengan teknik rockfishing ini tentunya minim saingan karena lokasi spot dan sangat memungkinkan untuk mendapatkan ikan dengan ukuran besar.

Alat pancing yang digunakan berupa joran yang kuat dengan panjang lebih dari 3M biasanya 5Meter dan senar yang berukuran sedang karena target ikan besar dan juga tenaga ikan cukup kuat.

Umpan yang biasa digunakan misalnya irisan daging ikan, udang, cacing laut, kepiting atau kerang serta bisa juga menggunakan umpan tiruan dengan tambagan essense.

2. Teknik Mancing Surfishing

Teknik Mancing Surfishing yaitu cara memancing yang dilakukan pada spot daerah pinggir pantai berpasir dengan menggunakan joran yang panjangnya sekitar 5 meter dan penyangga joran karena sangat berat untuk dipegang. 

2. Teknik Mancing Surfishing

Cara menggunakan teknik ini harus melempar umpan sejauh-jauhnya dan dibiarkan jatuh diam pada lokasi umpan tersebut jatuh kemudian menunggu hingga ada sambaran dari ikan, sebagai tanda kadang pemancing memasang lonceng di ujung joran.

Inti dari rangkaian pancing yaitu menggunakan timah pemberat cukup besar sehingga lemparan bisa sangat jauh dan umpan tidak kembali ke pantai karena ombak. Rata-rata umpan yang digunakan adalah umpan alami seperti irisan daging ikan, cacing laut ataupun kerang-kerang yang ditemukan ditemukan di pantai.

3. Teknik Memancing Pierfishing

Teknik Memancing Pierfishing atau cara mancing ikan dari atas dermaga sangat disenangi oleh pemancing dadakan atau orang-orang yang bru mencoba memancing karena lokasi yang mudah dijangkau dan bisa sekalian jalan-jalan.

Kadang tidak datang sendiri tetapi bersama sama, joran yang digunakan spinning standar dengan target ikan pinggiran. Untuk umpan sendiri biasanya menggunakan udang atau cacing laut yang mudah untuk dibeli, tapi kalau datang kespot dermaga harus ekstra waspada dan hati-hati karena berbahaya untuk anak kecil.

Teknik Mancing di Tengah Laut


Ketiga teknik diatas adalah teknik mancing pinggiran laut yang tidak membutuhkan kapal, sedangkan berikut ini ada macam-macam teknik mancing ikan di tengah laut atau offshore dengan menggunakan kapal untuk sampai ke spot.

1. Teknik Mancing Dasaran atau Bottom fishing

Teknik mancing dasaran dilakukan diatas perahu yang berhenti di spot potensial atau gugusan karang dimana banyak sarang ikan sehingga kesempatan mendapatkan ikan sangat besar dan potensial.

Cara mancingnya enggunakan pemberat dengan bahan timah yang cukup besar agar bisa menenggelamkan umpan hingga kedasar laut sehingga target ikan dasar laut bisa langsung bertemu dengan umpan.

Untuk berat timah sebenarnya harus disesuaikan dengan kekuatan arus laut yang penting posisi umpan tidak bergerak terlalu keras, serta untuk joran bisa disesuaikan dengan target ikan yang kita pancing. Rata-rata untuk mancing ditengah laut biasa menggunakan joran 20-35lbs.

Ukuran senar pancing yang digunakan biasanya menengah ke atas karena target ikan dan jenis yang dipancing berukuran besar, umpan yang disukai yaitu umpan alami seperti udang, cacing laut ataupun irisan daging ikan tuna.

2. Teknik Mancing Jerking

Kemudian ada juga teknik mancing jerking yang hampir sama dengan mancing dasaran tetapi menggunakan umpan yang berbeda, teknik jerking menggunakan umpan buatan yang utuh seperti ikan kecil, udang atau cacing dan bisa juga yang menyerupai.

Caranya umpan buatan diberi pemberat dan di tenggelamkan sampai ke dasar laut seperti teknik dasaran tetapi di retrieve perlahan sambil di hentak-hentak kan perlahan sehingga umpan buatan bergerak seperti umpan asli.

Jika umpan tersebut sudah ditarik sampai ke permukaan maka ditenggelamkan lagi dan diretrieve secara berulang-ulang sampai mendapatkan sambaran. Memancing dengan teknik jerking membutuhkan piranti yang sama dengan teknik dasaran hanya umpannya saja yang menggunakan umpan tiruan.

3. Teknik Mancing Drifting atau Dihanyutkan

Teknik Mancing Drifting yaitu memancing ikan dengan menghanyutkan umpan buatan dari kapal atau perahu yang berjalan perlahan di gugusan karang, jadi umpan seperti ikan yang berenang agak kedalam mengikuti kapal seperti ikan hidup.

Target biasanya ikan predator ataupun juga yang bersifat teritorial, jika sudah ada sambaran kapal akan berhenti untuk menaikkan ikan yang didapatkan, melakukan mancing drifting biasanya menurukan cukup banyak joran sekaligus saat kapal berjalan.

4. Teknik Mancing Trolling

Teknik Mancing Trolling hampir sama dengan drifting tetapi dengan peralatan mancing besar dan kuat karena targetnya ikan predator dengan ukuran yang luar biasa, umpan yang digunakan pun seukuran ikan sedang yang ditarik kapal berkecepatan tinggi karena target ikan bisa berenang dengan cepat.

Meskipun sama secara teknisnya, trolling tidak banyak menurunkan joran mungkin hanya 2 -4 saja hingga mendapat sambaran, sambaran ikan pun tidak main main karena butuh tim untuk menaikkan satu ikan target saja.

Peralatan dan Perlengkapan Memancing Di Laut


Peralatan dan Perlengkapan Memancing Di Laut yang harus dipersiapkan ada bermacam-macam tetapi harus disesuaikan juga dengan lama waktu mancing serta jarak ke spot dan juga penyesuaian alat pancing dengan target ikan.

1. Joran, Reel dan Umpan

Joran reel dan umpan jelas harus dipersiapkan untuk mancing ke laut lepas, yang jelas kebutuhan spesifikasinya harus disesuaikan dengan teknik yang akan digunakan serta ikan target yang akan ditangkap.

Pada dasarnya setiap teknik mancing membutuhkan spesifikasi piranti yang berbeda kemudian berdasarkan target ikan akan menyesuaikan dengan kekuatan piranti yang nantinya akan digunakan.

2. Transportasi dan Tempat Bermalam

Jika memancing hanya satu malam saja mungkin cukup untuk beraktifitas diatas kapal saja, tetapi jika memutuskan untuk mancing bersama team dengan waktu beberapa malam pastilah membutuhkan peralatan untuk bermalam seperti camp set mulai dari tenda hingga penerangan dan stok air bersih.

3. Peralatan dan Bahan Konsumsi

Tidak jarang memancing dilaut lepas dalam waktu semalam atau beberapa malam akan membutuhkan stok bahan konsumsi dan peralatan masak sekaligus perlatan makan dalam jumlah yang cukup banyak, jadi harus dijadikan juga sebagai prioritas.

Pemilihan Waktu yang Tepat Untuk Memancing Di Laut

Setelah semua peralatan dan perlengkapan untuk trip mancing sudah siap selanjutnya kamu harus memahami pemilihan waktu yang tepat untuk mancing di laut karena akan sangat berpengaruh dengan hasil dari tangkapan nantinya.

Mungki ulasan berikut ini bisa menjadi garis besar pengetahuan dari cara memilih waktu yang tepat untuk mancing dilaut, meskipun persentase besarnya ada di penglaman dari jam terbang melaut.

Gunakan Teori Solunar

Acuan pertama bisa menggunakan teori solunar dimana informasi berupa keadaan, situasi dan kondisi terbaru dari spot tempat kita akan memancing, kemudian kamu juga bisa mengeceknya pada kalender solunar yang bisa dicari pada internet.

Secara teori ada 3 periode utama dimana menjadi acuan pertimbangan untuk waktu ketika memutuskan akan berangkat memancing.

1. Periode Major dan Periode Minor

Periode Major atau Major Period adalah waktu dimana posisi bulan tepat berada di kepala kita atau moon up bulan sedang naik, waktunya sekitar 2 jam dimulai dari bulan tepat diatas kepala.

Kemudian periode minor atau minor period adalah waktu bulan posisinya berada di kaki kita atau moon down ketika bulan turun, waktunya tepat 1 jam dimulai setelah bulan terbit atau terbenam.

Periode Major dan Periode Minor harus dipelajari lebih detail waktunya pada situs yang menyediakan informasi lengkap tentang kedua periode ini.

2. Waktu Sunrise dan Sunset

Waktu sunrise atau matahari terbit fajar dan waktu sunset atau matahari terbenam secara impu pengetahuan biologis akan meningkatkan aktifitas dari ikan dilaut, meskipun major dan minor akan lebih berpengaruh tetapi sunrise dan sunset bisa menjadi tanda yang mudah untuk dilihat secara langsung.

3. Perhatikan Fase bulan

Berikutnya untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memancing dilaut yaitu bulan penuh alias bulan purnama dan bulan baru karena aktfitas ikan di laut akan sangat meningkat drastis untuk mencari makan.

Major dan minor memang menjadi parameter terbaik, tetapi waktu sunrise, sunset serta fase bulan juga bisa dijadikan acuan yang mudah untuk dilihat dengan mata.

Kondisi Laut yang Tepat Untuk Memancing

Menentukan pemilihan waktu bisa kita usahakan dengan mempelajari ilmunya tetapi untuk situasi dan kondisi spot mancing dilaut adalah sebuah faktor eksternal yang tidak dapat diprediksi serta bisa juga berpengaruh dengan hasil tangkapan.

Untuk mengetahui kondisi situasi laut yang cocok untuk mancing memang membutuhkan penglaman dari lamanya jam terbang memancing, tetapi mungkin beberapa kondisi yang Gambar Iklan ulas berikut ini bisa menjadi sedikit referensi.

Kondisi Pasang Surut Laut

Seperti yang kita tau bahwa posisi bulan dan matahari akan mempengaruhi dengan terjadinya pasang surut lautan, dan berikutnya akan berimbas ke terjadinya kuat lemah arus laut.

Intinya dengan memperhatikan posisi matahari dan bulan serta pasang laut bisa menjadi acuan untuk mencari spot perairan dangkal dan yang memiliki arus relatif tenang sampai sedang, jangan mancing ketika aruslaut kuat dan besar.

Kondisi Tekanan Udara

Mungkin tekanan udara banyak menimbulkan kontradiksi dikalangan pemancing, intinya memancinglah ketika kondisi tekanan udara normal atau ketika langit berawan dan cerah demi keselamatan dan kenyamanan ketika mancing.

Suhu dan Temperatur Air Laut

Memancing yang tepat adalah ketika kondisi temperatur air laut dalam keadaan normal karena ikan adalah hewan berdarah dingin, sehingga ketika temperatur air normal ikan akan naik dan cukup aktif untuk mencari makan.

Perhatikan Kecepatan Angin

Lebih baik hindari memancing ketika kecepatan angin tinggi karena kemungkinan juga bisa menimbulkan gelombang besar serta. Kecepatan angin yang sedang justru bagus untuk memancing karena arus cukup stabil dan organisme kecil akan terbawa dan berkumpul ke titik titik spot tertentu.

Faktor Kejernihan Air Laut

Beriktunya kondisi kejernihan air laut juga harus diperhitungkan karena jika air laut terlalu keruh maka bisa jadi ikan akan sulit untuk melihat umpan kita.

Arus Atas dan Arus Bawah

Arus Atas dan Arus Bawah di laut memang sulit untuk diprediksi tapi bisa menjadi perhatian khusus untuk menentukan piranti dan umpan apa yang akan digunakan.

Seperti yang sudah kita tau bahwa air laut bergerak dari suhu dingin ke suhu yang lebih hangat karena itu dengan memperhatikan faktor ini kita bisa menentukan posisi ikan berkumpul, kemungkinan besar ikan berkumpul di pertemuan arus dingin, tidak perlu dipelajari dan percayakan saja pada navigator kapal.

Penutup Tips dan Cara Memancing Di Laut


Sekian ulasan dan gambaran secara garis besar dari Tips dan Cara Memancing Di Laut yang bisa Gambar Iklan sampaikan, tentu faktor faktor terbesarnya untuk bisa mendapatkan tangkapan yang memuaskan harus didapatkan dari pengalaman.

Namun sebagian besar dari ulasan diatas bisa diperhatikan dan menjadi referensi tambahan ketika kamu baru memulai hobi memancing dilautan lepas, perlu digaris bawahi memancing dilaut lepas juga membutuhkan seorang mentor atau tim yang sudah paham dengan kondisi spot lautan.