Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Mengambil Foto atau Memotret Orang Ketika Travelling

Tips Aman Mengambil Foto atau Memotret Orang Ketika Travelling

Gambariklan.com - Berpergian dan memotret sekitar menjadi dua hal yang tak terpisahkan, karenanya kamu juga harus tau cara dan tips aman mengambil foto orang ketika travelling kemanapun.

Tentu mengambil foto atau memotret orang lain dengan kondisi dan situasi tertentu bisa menunjukkan makna yang mendalam sehingga foto yang kita ambil memiliki nilai lebih dari pada foto-foto biasa.

Ketika berfoto ria bisa jadi kita bertujuan untuk mengabadikan momen pribadi kemudian ketika dalam perjalanan bisa juga kita menemukan orang-orang yang bisa dipotret karena orang tersebut sedang melakukan sesuatu yang menarik atau merepresentasikan sesuatu.

Tapi kamu juga jangan sembarangan memfoto orang karena banyak hal yang harus kamu pertimbangkan mulai dari perencanaan yang matang hingga harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang yang dipotret sehingga orang tersebut tidak marah dan merasa terganggu.

Mungkin kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut agar bisa mendapatkan foto yang sempurna ketika dalam perjalanan.

1. Kamu Harus Meminta Izin Sebelum Mengambil Foto

Pertama kali jika kamu ingin mengambil foto orang lain pastikan bahwa kamu memang diperbolehkan momotret orang dalam momen tersebut dengan meminta izin terlebih dahulu.

1. Kamu Harus Meminta Izin Sebelum Mengambil Foto
Kadang meminta izin tidak harus dengan berbicara formal namun ada kalanya hanya sekadar isyarat ke arah kamera dan orang tersebut memberikan senyuman atau anggukan juga bisa menjadi hal yang terbaik dilakukan sebelum memotret.

Jangan lupa meminta izin juga jika foto yang ada orang tersebut akan di unggah pada media sosial karena hal ini amat sangat penting.

2. Pahami Dan Hargai Budaya Adat Orang Lain

Beda tempat, beda daerah tentu memiliki budaya yang berbeda-beda karenanya kita sebagai pendatang yang baru ditempat tersebut sudah sepatutnya untuk memahami dan menghargai budaya mereka tanpa terkecuali.

2. Pahami Dan Hargai Budaya Adat Orang Lain

Maka dari itu sebelum memotret atau mengambil foto sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu apakah ada pantangan atau aturan-aturan tertentu tentang mengambil foto di tempat tersebut atau ketika akan memotret orang lain.

Kalau misalnya di daerah tersebut ada adat yang menjadikan seseorang tidak ingin difoto karena alasan privasi maka sudah sewajibnya kamu hormati dan jangan mengambil foto apapun.

3. Bertanyalah Pada Tokoh Masyarakat Setempat

Mungkin di suatu daerah sedang mengalami situasi yang cukup buruk jadi jika kamu ingin mengambil foto karena tugas atau perihal keharusan lainnya cobalah untuk berkomunikasi dengan tokoh masyarakat orang yang berpengaruh di daerah yang kita singgahi untuk mengutarakan maksud dan tujuan berkunjung serta kenapa ingin mengabadikan momen.

Disarankan saja sebelum melakukan perjalanan di daerah tertentu kamu juga harus melakukan hal ini demi mengurangi segala kemungkinan negatif yang terjadi selama di perjalanan dengan begitu jika ada sesuatu hal kita bisa menghubungi para tokoh yang berpengaruh detempat tersebut.
4. Pahami Style Seseorang

Sebuah foto yang sempurna di kondisi netral atau ditengah kegiatan tidak bisa mengikuti apa yang kamu inginkan tetapi kamu harus mengetahui dan memahami gaya atau style seseorang yang alami dan memang menggambarkan ekspresi aslinya.

Jadi hasil foto tersebut bisa selaras saat disandingkan dengan teknologi yang canggih dan bisa mengambarkan citra seseorang serta mencerminkan kenyataan. Sudut pandang dari karakter yang kamu foto juga harus tepat dengan latarbelakang yang ada, misalnya berlatar belakang kegiatan pasar maka space foto harus menjangkau lebih luas.

5. Ceritakan Hal-Hal Menarik

Kamu juga bisa mengakrabkan diri dengan semua orang yang berada di tempat tujuan travelling dengan menceritakan kisah menrik seseorang dan lingkungan di dalam foto yang pernah kamu potret sebelumnya.

Bisa jadi dengan membuka hal tersebut orang-orang yang kamu temui akan lebih friendly dan mengijinkan kamu untuk mengambil foto agar bisa menceritakan kondisi nya ke orang didaerah lain lagi.

6. Jangan Menilai Dengan Uang

Ketika kamu sudah bisa mengambil foto atau memotret orang dalam perjalanan perhatikan jangan sekali-kali memberi uang kalau orang tersebut tidak meminta dan memotretlah secara profesional serta jika bisa luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan lebih baik agar orang yang ingin kamu foto bisa mengerti kemudian ucapkan rasa terimakasih yang dalam sesudahnya.