Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik - Teknik Mancing Yang Harus Diketahui Pemula

Teknik - Teknik Mancing Yang Harus Diketahui Pemula

Gambariklan.com - Hobi mancing jelas bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi kalau baru memulai ada beberapa teknik mancing yang harus diketahui oleh pemula.

Tujuan dari aktifitas memancing salah satunya yaitu untuk melepas stres dari padatnya rutinitas dan pekerjaan setiap hari, apalagi jika memancing di akhir pekan selain mungkin bisa dapat ikan juga bisa menikmati alam yang indah.

Memancing sangat membutuhkan kesabaran dan kecermatan, selain itu teknik mancing harus sangat dipahami oleh orang-orang yang baru menekuni hobi baru ini, dengan begitu antara spot dan teknik yang digunakan bisa sesuai.

Jika kamu baru mencoba kegiatan memancing ini ada beberapa teknik-teknik memancing yang harus kamu tau dan pahami sebelum menuju ke spot dan melempar umpan.

Teknik - Teknik Mancing Yang Harus Diketahui Pemula


1. Teknik Dasaran atau Bottom fishing

Pertama kali ada teknik mancing dasaran atau bottom fishing yang merupakan teknik paling dasar dan serta sering diaplikasikan oleh pemancing karena mudah dan tidak banyak membutuhkan gerakan. 

1. Teknik Dasaran atau Bottom fishing
Teknik ini menggunakan rangkaian dasar yaitu jora, senar pancing, umpan dan pemberat kemudian jatuhkan ke dasar laut atau perairan dan tunggu ada ikan yang menyambar umpan tersebut.

Piranti yang biasa digunakan dari teknik mancing dasaran seperti joran dan reel spinning, serta untuk pemberat tinggal disesuaikan saja dengan kondisi perairan sehingga umpan tidak banyak bergeser setelah dijatuhkan ke dasar.

2. Teknik Flying Lining

Teknik Flying Lining menggunakan umpan ikan hidup atau live bait misalnya ikan tuna, selar, tembang, kembung dan bahkan bisa juga baby barracuda.

Cara mengaplikasikan Teknik Flying Lining cukup mudah yaitu membiarkan umpan hidup yang sudah dipasangi kail berenang menjauhi kapal di sekitar spot memancing hingga ada predator yang menyambar umpan ikan kita.

Karena umpan yang digunakan masih hidup tentu saja target ikannya pastilah predator seperti ikan tenggiri atau barracuda, pirantinya pun berupa rangkaian senar pancing ukuran sedang dengan pelampung besar seperti balon yang susun berurutan dengan jarak 1-2 meter.

Sejatinya teknik ini sering digunakan para nelayan untuk memancing ikan dalam jumlah yang cukup banyak, sedangkan para angler justru jarang menggunakannya.

3. Teknik Mancing Negek

Teknik Mancing Negek adalah cara memancing khusus yang digunakan jika ingin memancing ikan baronang dan dibeberapa tempat teknik ini juga disebut teknik ngegarong karena bentuk mata kailnya.

Umpan yang digunakan untuk Teknik Mancing Negek misalnya lumut laut atau nasi dan umpan lainnya yang disukai ikan baronang pada sekitar habitatnya, penempatan umpan pun bukan dikaitkan melainkan hanya diletakkan diatas kail yang berbentuk menyerupai sangkar.

4. Teknik Mancing Trolling

Teknik Mancing Trolling sangat sering diaplikasi kan oleh pemancing yang berada di atas kapal, cara menggunakannya umpan buatan di jatuhkan ketika kapal sedang berjalan dengan kecepatan 5-7 knot dan pada jarak tertentu sehingga umpan terlihat seperti ikan yang berenang perlahan.

Target ikan dengan Teknik Mancing Trolling ini adalah ikan predator seperti ikan tenggiri dan atau wahoo, upmpan yang digunakan misalnya jenis rapala atau konehead cumi dengan warna menyolok sehingga menarik ikan ikan yang agresif.

Jarak umpan dari kapal rata-rata antara 10Meter hingga 20Meter disesuaikan dengan besarnya umpan, dan juga piranti mancing yang digunakan khusus untuk teknik trolling saja entah itu untuk joran ataupun reel.

5. Teknik Mancing Casting

Teknik Mancing Casting adalah teknik memancing dengan menggunakan umpan buatan yang dilempar dan ditarik atau retrieve berulang-ulang sampai mendapatkan sambaran.

Teknik ini banyak diaplikasikan sebagai teknik hobi olahraga mancing karena membutuhkan banyak tenaga dan gerakan, target ikannya seperti ikan kerapu, kakap atau ikan laut lainnya dengan menggunakan umpan tiruan atau lure.

Dewasa ini teknik mancing casting banyak digunakan dan meningkat tajam perkembangan pirantinya, melihat ke efektifan teknik ini lebih cocok digunakan pada spot pinggiran laut.

Cara menggunakannya pun cukup mudah tinggal melemparkan lure atau umpan buatan menuju target menggunakan joran dan reel khusus casting secara berulang-ulang sampai ada ikan yang menyambar.

Karena tidak ada aturan dan batasan berapa kali harus melempar di satu spot maka teknik ini juga dikategorikan sebagai sportfishing atau memancing sambil berolahraga yang sekarang banyak digemari oleh anak muda.

6. Teknik Mancing Surf Casting

Teknik Mancing Surf Casting adalah teknik memancing yang khusus digunakan pada pinggiran laut atau pantai berpasir dengan joran yang panjang hingga 5Meter. 

6. Teknik Mancing Surf Casting

Cara mengaplikasikan teknik ini yaitu dengan menggunakan umpan alami seperti potongan ikan, cacing laut, kerang-kerangan atau udang kemudian melempar umpan tersebut sejauh-jauhnya dari pinggir laut berpasir, kemudian taruh joran pada penyangga dan tunggu hingga ada ikan yang memakan umpan.

Hampir sama dengan teknik casting tetapi jumlah melemparnya sangat minim karena sekali melempar umpan sejauh mungkin maka umpan dan pemberat dibiarkan mendarat seperti memancing dasaran hingga beberapa waktu sampai ada sambaran atau cek kondisi umpan.

Khusus Teknik Mancing Surf Casting harus dilakukan ketika air berada di kondisi pasang serta pantai dan pinggiran laut berpasir minim karang karena di spot dan waktu ini ikan akan berenang lebih ke pinggir untuk mencari makan dan beraktifitas.

7. Teknik Mancing Jigging

Teknik Mancing Jigging banyak yang menyebutnya teknik mancing kuno karena diwariskan turun menurun dikalangan para nelayan konvensional.

Cara mancingnya dengan menggunakan umpan yang dibuat dari timah atau logam yang mengkilan kemudian dilemparkan ke dalam air sampai menyentuh dasar dan ditarik dengan cepat ke atas permukaan.

Spot yang cocok untuk mengaplikasikan Teknik Mancing Jigging yaitu pada didaerah terumbu karang dengan kedalaman 50-100 meter yang masih banyak ekosistem ikan-ikan karang.

Mirip seperti teknik dasaran tetapi menggunakan umpan metal, dan umpan tersebut dilemparkan dan dibiarkan meluncur hingga ke dasar laut kemudian secepat mungkin ditarik atau diretrieve sambil disentak-sentakan sehingga umpan yang mengkilat akan menarik perhatian ikan.

Target mancing dengan teknik jigging yaitu ikan karang atau ikan besar yang menyukai permukaan mengkilat seperti marlin, tuna, atau GT yang notabene ikan-ikan mahal.

Penutuk Teknik Mancing untuk Pemula


Mungkin itulah Teknik - Teknik Mancing dasar Yang Harus Diketahui Pemula atau kamu yang baru mencoba dan menekuni aktifitas fishing, lebih baik gunakan dulu satu teknik dan perdalam skill sampai benar-benar banyak menghasilkan sambaran baru kemudian mencoba teknik yang lainnya.