Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Catch And Release Fishing Hanya Untuk Kesenangan

Efek Catch And Release Fishing Hanya Untuk Kesenangan

Gambariklan.com - Mendapatkan sambaran atau strike ketika memancing memang menyenangkan, tetapi untuk Catch And Release Fishing sudah pasti memiliki efek tertentu untuk ikan yang didapatkan.

Memancing bisa sangat memberikan relaksasi apalagi ketika menikmati udara segar dan pemandangan di laut atau sungai dan juga ketika berhasil mendapat ikan pasti akan bercampur antara rasa senang dan nyaman.

Pada dasarnya tujuan orang memancing ada dua yaitu untuk mendapatkan ikan dan dibawa pulang kemudian memancing untuk mendapatkan kesenangan atau rasa senang saja sehingga ikan yang didapatkan akan langsung dilepas atau bisa disebut dengan Catch And Release Fishing.

Memancing untuk mendapatkan ikan dan dibawa pulang itu sangat lumrah, meskipun memancing untuk mendapatkan kesenangan juga tidaklah salah karena ikan yang didapatkan akan dilepaskan kembali, tetapi ada permasalahan dengan cara Catch And Release Fishing ini terutama pada sisi kesehatan ikan. 
Ikan yang ditangkap kemudian dilepas tentu mendapatkan beberapa luka dan juga seperti hal-hal berikut ini yang mungkin menjadi pertimbangan ketika melakukan Catch And Release Fishing,

Efek Catch And Release Fishing Pada Ikan


1. Adanya Luka Pada Mulut Ikan

Luka pada mulut ikan jelas tidak bisa dihindari karena itulah satu satunya cara mengangkat ikan dari air, tetapi jika kemudian dilepas dan seakan tidak terjadi apa apa maka luka itu akan membutuhkan waktu untuk sembut.

Luka pada ikan dengan usia ikan pastilah berbeda, misal luka pada ikan yang masih mudah dengan kail kecil akan mudah sembuh sehingga lebih baik dilepaskan, tapi jika luka pada ukuran ikan dewasa yang kemudian dilepas akan sembuh dalam waktu yang cukup lama.

2. Ikan Akan Kelelahan

Setelah ikan bertarung dan diangkat kemudian dilepas lagi sudah pasti akan memberikan efek lelah berlebihan pada si ikan sendiri. Kadang memancing untuk mendapatkan foto hanya akan mengambil foto saja dan bukan ikannya.

Kondisi ikan yang kelelahan akan mengakibatkan malas mencari mangsa ataupun juga rentan terhadap pemangsa predator di kawasannya. Bahkan kadang ada juga ikan yang mati karena kelelahan dan memiliki luka sehingga sulit untuk mencari mangsa.

3. Ikan Jadi Sulit Bernafas

Ikan yang melawan tarikan sampai akhirnya diangkat ke permukaan akan mengalami kesulitan bernafas dan juga bisa menyebabkan kelelahan berlebih ketika dikembalikan kedalam air.

Ikan muda akan lebih bisa bertahan dalam kondisi seperti ini dibanding ikan yang sudah dewasa meskipun kemungkinan teori ini belum benar sepenuhnya, apalagi jika ikan diangkat berulang-ulang untuk difoto banyak orang.

4. Ikan Bisa Infeksi

Luka dari kail dan dipakasa untuk dilepas juga bisa menimbulkan infeksi untuk jenis ikan tertentu meskipun kita mengembalikannya ke laut, namun ketika posisi didarat ikan juga bisa terinfeksi karena lingkungan pada lukanya.

Perlu kamu tau lendir pada tubuh ikan adalah cara alami untuk melindungi diri dari infeksi bakteri atau jamur, nah jika ikan banyak diangkat kemudian lendir itu berkurang bisa jadi bakteri akan lebih mudah masuk ketubuh ikan melalui luka.

Lantas Apa Yang Harus Dilakukan ?

Memancing untuk Catch And Release Fishing lebih baik diaplikasikan untuk ikan yang jarang ditemui atau jenis ikan langka, ikan yang masih muda atau kecil dan untuk ikan yang sedang memiliki telur.

Tetapi jika ikan yang didapatkan yaitu berukuran dewasa dan bukan yang sedang memiliki telur atau tergolong ikan konsumsi lebih baik langsung dibawa pulang atau diolah sehingga lebih bermanfaat.

Aplikasikan Catch And Release Fishing hanya untuk ikan yang harus dilepas, sedangkan jenis ikan konsumsi yang ukurannya cukup besar untuk diolah bisa dibawa pulang saja atau dijual.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Efek Catch And Release Fishing Hanya Untuk Kesenangan
Penulis : Mas Muktiaji

Posting Komentar untuk "Efek Catch And Release Fishing Hanya Untuk Kesenangan"