Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi Tempat Wisata yang Dilarang untuk Memotret

Destinasi Tempat Wisata yang Dilarang untuk Memotret

Gambariklan.com - Berswafoto tentunya menjadi sebuah kebutuhan ketika berkunjung ke sejumlah destinasi, tetapi taukah kamu ada tempat wisata yang melarang pengunjungnya untuk memotret.

Foto atau potret dari tempat yang kita kunjungi mungkin nantinya akan menjadi kenangan yang membuktikan bahwa kita pernah mengunjungi tempat tersebut entah itu destinasi wisata dalam atau luar negeri.

Tapi ternyata ada sejumlah landmark global terbaik atau destinasi terbesar yang dikenal pada seluruh dunia yang tidak mengizinkan untuk foto pribadi dalam bentuk apa pun ketika berada di tempat tersebut.

Jadi kalau kamu berkunjung ke tempat berikut lebih baik hindari berfoto ya, atau mungkin berfotonya dari jarak jauh dan bukan pada area situsnya.

Destinasi Tempat Wisata yang Dilarang untuk Memotret


1. Menara Eiffel

1. Menara Eiffel
Urutan pertama ada destinasi wisata yang terkenal dengan romantisnya Paris yaitu Menara Eiffel jangan berpikir untuk bisa pamer atau mengunggah foto selfie di depan Menara Eiffel setelah gelap karena secara aturan disana berfoto atau mengambul foto Menara Eiffel pada malam hari termasuk hal yang ilegal.

Seperti yang dikutip dari Snopes.com bahwa pertunjukan cahaya di Menara Eiffel dipasang oleh Pierre Bideau pada 1985 menjadi sebuah tampilan artistik dan dilindungi hak cipta dengan lampu yang berkilauan setiap lima menit dari senja hingga jam satu pagi maka akan membuat foto malam hari bisa melanggar hak cipta.

2. Taj Mahal

Mungkin banyak pariwisatawan yang mengira bahwa Taj Mahal di India seperti sebuah masjid atau istana, padahal semua itu salah karena situs ini sebenarnya adalah sebuah mausoleum yang ditugaskan oleh kaisar Mughal Shah Jahan untuk menampung jenazah mendiang istrinya.

Atas dasar alasan itulah fotografi dalam bentuk apapun dilarang di dalam mausoleum utama dan pengunjung yang datang diminta untuk tetap diam saat berada di dalam. Jadi kalau mau berfoto yang penting jadi backgroud dari jarak jauh aja ya kan.

3. Kapel Sistina

Berikutnya ada situs Kapel Sistina di Kota Vatikan yang juga merupakan salah satu tempat wisata paling populer di dunia tetapi pengunjungnya tidak diizinkan memotret atau mengambil video di dalam tempat tersebut.

Sebagai informasi penting bahwa Kapel Sistina melalui perjalanan restorasi dari tahun 1980 hingga 1994 dan didanai oleh Nippon Television Network Corporation of Japan sehingga Nippon mendapat hak eksklusif untuk memfilmkan dan memotret karya seni tersebut.

Namun secara teknis hak cipta itu sudah berakhir tiga tahun setelah setiap bagian restorasi selesai tetapi hingga saat ini Vatikan tetap memutuskan untuk tetap melarang fotografi untuk melindungi karya seni yang berharga dari kilatan kamera yang dianggap berbahaya.

4. Westminster Abbey

For Your Information bahwa Westminster Abbey bukan hanya sebuah gereja Gotik yang indah namun situs gereja ini menjadi tempat penobatan raja Inggris sejak 1066 dan tentunya kamu tidak boleh mengambil foto di dalam tempat ini.

Alasannya karena pihak pengelola menginginkan pengunjung bisa melihat keindahan dan sejarahnya yang unik tanpa gangguan yang dibawa oleh fotografi dan juga karena pengelolanya ingin mempertahankan suasana sakral dari sebuah bangunan, karena itulah jangan sampai mengambil foto jika kesini.

5. Mahkamah Agung Washington, D.C.

Nah jika berkunjung atau sekadar ingin melihat Mahkamah Agung di Washington, D.C. kamu tetap bisa mengambil foto pribadi di ruang publik tetapi akan sangat dilarang mengambil fotografi dalam bentuk apapun di dalam Ruang Sidang selama persidangan dilarang lewat Peraturan Federal 53.

Intinya jika tidak ada kententuan lain yang dibuat oleh undang-undang atau peraturan maka pengadilan tidak mengizinkan pengambilan foto dalam bentuk apapun di ruang sidang selama proses peradilan atau penyiaran proses peradilan, sangat wajar mengingat tempat tersebut ketat dan berprivasi tinggi.

Penutup Tempat Wisata yang Dilarang untuk Memotret


Mungkin itulah beberapa Destinasi Tempat Wisata atau situs kunjungan yang melarang pengunjungnya untuk Memotret atau mengambil foto pribadi dengan alasan tertentu yang memang harus kita patuhi.

Jika ingin mengabadikan soal "aku pernah kesini" lebih baik dari jarak yang jauh diluar tempat tersebut atau di lokasi publik kemudian tempat yang ingin kamu foto menjadi latar belakangnya saja. Sepertinya sudah cukup untuk bisa dipamerkan lewat media sosial bukan ?

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Destinasi Tempat Wisata yang Dilarang untuk Memotret
Penulis : Mas Muktiaji