Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Umpan Mancing Buatan Yang Bagus dan Terbaik

Cara Memilih Umpan Mancing Buatan Terbaik

Gambariklan.com - Cara Memilih Umpan Mancing Terbaik adalah salah satu hal yang harus para angler pemula pahami dengan baik sebelum memutuskan untuk pergi ke spot memancing.

Umpan pancing yang tepat akan mempengaruhi banyaknya hasil tangkapan ikan atau keberhasilan ketika menarget jenis ikan tertentu,yang jelas memilih umpan pancing tidak boleh sembaragan,

Kalau hanya mengandalkan umpan mancing seadanya pastinya hasil memancing kita juga untung-untungan, karena itu sangat penting untuk mengetahui dan memahami jenis umpan pancing apa yang cocok untuk spot dan ikan target yang di inginkan.

Cara Memilih Umpan untuk Memancing


Pemilihan Material Umpan Mancing Sesuai Teknik

Pertama jenis atau material umpan harus disesuaikan dengan teknik yang akan digunakan apalagi untuk umpan buata yang berbahan logam harus dipahami terbuat dari apa dan cocok untuk teknik mancing apa.

Pemilihan Material Umpan Mancing Sesuai Teknik
Dengan kebutuhan umpan yang digunakan berkali-kali maka umpan buatan dari logam menang dari sisi harga yang sangat terjangkau dengan bahan seperti berikut :

1. Umpan Bahan Tungsten, salah satu kategori bahan logam berat untuk umpan pancing yang bisa cepat tenggelam ketika dijatuhkan kedalam air dan sangat stabil ketika dihantam ombak.

2. Umpan Bahan Timah atau Besi, jenis bahan umpan yang mempunyai berat sedang sehingga mudah untuk dilemparkan dengan jarak yang jauh sesuai untuk teknik casting.

3. Umpan Bahan Aluminium, jenis umpan buatan yang bahannya paling ringan sehingga mudah bergerak mengikuti arus air cocok untuk teknik mancing yang membiarkan umpan berenang dibelakang kapal.

Sampai di sini perlu digaris bawahi yaitu harga umpan pancing yang mahal belum tentu berpengaruh dengan hasil tangkapan, faktor yang sangat mendukung mulai dari fungsi dari umpan, bahan serta disesuaikan dengan teknik dan spot mancing.

Tapi di sisi lain umpan pancing yang bahan logam dengan harga murah biasanya memiliki kemurnian rendah dan tidak bertahan lama, karena itu pilihlah umpan yang terbuat dari bahan berkualitas serta sesuai dengan kegunaannya.

Pemilihan Warna Umpan Untuk Spot dan Waktu Mancing

Pada dasarnya ada dua jenis warna umpan pancing yaitu dominan berwarna gelap tetapi mengkilat dan juga umpan dominan warna terang yang cerah dan mencolok, kedua jenis ini memiliki fungsi dan efek masing-masing terhadap ikan target.

Umpan buatan dengan dominan warna gelap dan mengkilat akan memantulkan sinar matahari dan bersinar pada kedalaman tertentu sehingga menarik perhatian ikan di perairan yang jernih, kemudian umpan dengan warna yang cerah dan mencolok akan lebih menarik ikan di spot yang cukup keruh.

Sebagai saran saja belilah keduanya dan bawa ketika memancing, jadi misalnya di spot air cukup jernih dan matahari bersinar terang pakailah umpan gelap mengkilat dan apabila kondisi air cukup keruh atau matahari belum terbit sempurna bisa menggunakan umpan yang cerah dan berwarna mencolok.

Pemilihan Bentuk Umpan Sesuai Teknik Mancing


Kemudian untuk pemilihan bentuk umpan sebenarnya sangat harus disesuaikan dengan teknik mancing yang akan digunakan dan juga ikan targetnya.

Bentuk setiap umpan pancing buatan pastilah berbeda-beda karena bentuk-bentuk tersebut memiliki fungsi dan gerakannya masing masing.

Sebelum membeli umpan buatan ada baiknya pelajari kebiasaan mangsa ikan target dan kondisi spotnya, secara garis besar berikut ini ada bentuk-bentuk umpan buatan dan fungsinya sehingga bisa kamu sesuaikan sebelum pergi memancing.

1. Umpan Berbentuk Lurus dan Ramping

Bentuk umpan buatan ini sangat umum yaitu lurus dan ramping sehingga model umpan seperti ini gampang untuk dilempar berkali kali dan bisa berpindah-pindah karena arus air karena beratnya yang cukup ringan.

Spot yang cocok untuk bentuk umpan seperti ini yaitu perairan yang arus pasang surutnya berubah-ubah dengan cepat dengan target ikan teritorial.

2. Umpan Bentuk Asimetris, Tidak Sama Antara Kiri dan Kanan

Kedua ada bentuk ikan yang tidak simetris dengan perbedaan berat di sisi kiri dan sisi kanan, fungsi bentuk yang asimetris ini akan membuat gerakan umpan yang tidak teratur sehingga terlihat seperti ikan lemah dan memancing ikan target.

Meskipun gerakannya aneh dan random, umpan seperti ini sangat kuat dan cukup berat ketika berada di dalam air, jadi lebih cocok untuk teknik dengat target ikan besar seperti baracuda atau tengiri dengan teknik yang digunakan seperti trolling.

3. Umpan Pancing Berbentuk Panjang dan Besar

Model umpan seperti ini dengan bentuk panjang dan besar akan bisa melaju di air dengan kecepatan tinggi karena itu hanya cocok digunakan untuk memancing diatas kapal yang bergerak dengan target ikan predator besar yang lebih senang mengejar mangsa.

4. Umpan Pancing Berbentuk Pendek

Umpan Pancing Berbentuk Pendek rata-rata memiliki berat yang ringan sehingga bisa digunakan untuk memancing ikan kecil - sedang dan juga cocok untuk teknik melempar umpan atau casting berulang ulang dengan jarang yang cukup jauh.

Karena beratnya yang ringan maka umpan ini memiliki tingkat kecepatan yang lambat untuk masuk ke dalam air dan relatif hanya kedalaman 0,5 - 1meter saja. Untuk teknik mungkin light casting dan baitcasting.

5. Umpan Bentuk Pipih Ringan atau Spoon

Berikutnya ada umpan jenis spoon atau yang pipih dan ringan terbuat dari logam alumunium yang bisa digunakan untuk memancing ikan pinggiran seperti kakap, kerapu dan sejenisnya.

Umpan ini sangat ringan sehingga cocok untuk ultralight casting dan disukai oleh pemancing anakn-anak atau wanita sekalipun yang tidak membutuhkan tenaga besar ketika melempar dan menarik umpan.

Jenis umpan spoon atau yang berbahan alumunium ringan bisa digunakan berkali-kali sehingga lebih hemat dalam menggunakan umpan, tetapi tiap jenis dan bentuk umpan spoon hanya menarik untuk ikan target tertentu saja.

Jadi ada baiknya jika mengkoleksi beberapa model dan jenis spoon karena tiap target dan tiap spot mancing kadang membutuhkan bentuk dan warna umpan yang berbeda-beda disesuaikan dengan besar kecilnya ikan target.

Ukuran umpan dan beratnya berbeda-beda tetapi semua masih tergolong dalam kategori umpan yang ringan walaupun akan ada perbedaan gerak dan efek di dalam air serta jangkauan jarak lempar karena berat dari umpan itu sendiri.

Jika ingin menemukan jenis umpan buatan yang pas dan cocok dengan target spot memang harus diketahui dari pengalaman serta informasi pemancing sekitar tentang jenis target ikan dominan dan kondisi spotnya.

Kesimpulan dari Cara Memilih Umpan Mancing Buatan Terbaik


Sebagai penutup, Cara Memilih Umpan Mancing Buatan Terbaik yaitu dengan menyesuaikan model bentuk umpan kepada target ikan dan juga spot yang ada, meskipun begitu sebaiknya pilih umpan dengan kualitas bahan yang bagus terutama dibagian mata kail sehingga akan lebih mudah mengait dimulut ikan dan menarik perhatian.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Memilih Umpan Mancing Buatan Yang Bagus dan Terbaik
Penulis : Mas Muktiaji