Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memancing Ikan Mas Lengkap Mudah Strike

Cara Memancing Ikan Mas Lengkap Mudah Strike

Gambarklan.com - Penulis sengaja mengulas Teknik, Trik dan Cara Memancing Ikan Mas Lengkap karena ikan mas atau ikan karper menjadi primadona di kolam pemancingan.

Memancing ikan mas bisa memberikan daya tarik tersendiri untuk spot kolam pancing karena tarikannya dan dagingnya yang enak, makanan alami dari ikan mas sendiri yaitu berupa renik-renik ataupun hewan-hewan air kecil.

Teknik mancing ikan mas bisa menggunakan pelampung ataupu dasaran denga umpan racikan ataupun umpan alami yang mudah untuk didapatkan.

Trik Dan Cara Memancing Ikan


Berikut Gambar Iklan merangkung trik, teknik dan Cara Memancing Ikan Mas secara Lengkap bisa untuk mancing di kolam pancing ataupun di sungai dan danau.

Umpan Memancing Ikan Mas


Pada dasarnya ada dua saran umpan untuk memancing ikan mas yaitu umpan racikan atau adonan yang komposisi campurannya setiap angler memiliki resepnya masing-masing misalnya dicampur telur atau bumbu penyedap masakan yang jelas berkatagori amis untuk menarik ikan.

Kedua bisa menggunakan umpan ulat pohon pisang yang ukurannya kecil berwarna cerah dengan kepala gelap, mencarinya cukup mudah yaitu pada pohon pisang yang sudah ditebang dan dibiarkan selama seminggu kemudian akan ada ulat yang bersarang dan memakan pohon pisang tersebut, ulat inilah yang sangat cocok untuk menjadi umpan memancing ikan mas.

Trik Memancing Ikan Mas


Kemudian untuk trik memancing ikan mas sebenarnya tidak terlalu sulit dan gampang-gampang susah karena dengan umpan dan teknik yang tepat ketika memancing ikan mas belum tentu juga bisa mendapatkan hasil.

Tapi mungkin ada beberapa trik dan tips yang bisa diaplikasikan ketika memancing ikan mas mulai dari membuat umpan sesuai dengan makanan alami ikan ini dan piranti mancing serta movement ketika melempar umpan. 
1. Sebisa mungkin pilih joran yang ujungya lembut atau jenis pancing stik (non reel) karena nanti akan menggunakan pelampung.

2. Untuk senar atau kenur pancing bisa menggunakan ukuran kecil yang sudah direndam dengan air panas agar lebih luwes dan lentur.

3. Pada kail lebih disarankan menggunakan hook nomor 6 kecil dan menggunakan pelampung ukuran sedang sehingga gerakan respon mudah terlihan.

4. Umpan untuk mancing ikan mas bisa menggunakan ulat pohon pisang atau umpan racikan yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Gerakan pelampung adalah kunci utama dari hasil yang akan kita dapatkan karea karakter ikan mas lebih slow dan bukan menyambar umpan dengan ganas.

6. Ketika strike ikan mas besar jangan panik, tetap kalem dan tarik perlahan sesuai dengan tenaga ikan dan jangan diangkat ke permukaan hanya dengan kekuatan joran karena pasti putus, biarkan ikan mendekat ke pinggir kemudian angkat dengan serokan atau jaring.

Teknik Memancing Ikan Mas


Memancing ikan mas hampir sebagian besar berspot di kolam pancing dan itu sangatlah wajar mengingat jika ikan mas merupakan komoditi konsumsi.

Karena arenanya kolam pemancingan atau tambak maka memancing ikan mas membutuhkan pengaplikasian teknik yang berbeda daripada memancing di sungai atau laut.

Teknik memancing ikan mas yang baik akan bisa memberikan hasil mendekati keinginan target yang diapatkan, secara garis besar Gambar Iklan akan mengulas beberapa teknik yang mungkin memberikan hasil memuaskan.

1. Perlengkapan Mancing Lengkap

Pertama seperti teknik memancing lainnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tentu membutuhkan peralatan yang lengkap serta umpan yang cocok dengan selera ikan.

Sedangkan persiapan alat pancing adalah kebutuhan yang utama mulai dari senar, kail, pelampung yang bisa memberikan respon bagus dari permainan gigitan ikan mas dan kemudian jaring atau serok untuk mengangkat ikan dari kolam.

2. Gukanan Senar Pancing Relatif Kecil

Kemudian yang harus diperhatikan berikutnya yaitu senar pancing yang digunakan dengan karakter halus, kecil, dan kuat sehingga tidak terlihat oleh ikan, karena itu banyak diantara para pemancing yang merebus senar pancing.

Melihat karakter ikan mas yang tidak begitu agresif, walaupun sudah terkena pancing pada umumnya tarikan masih standar saja asal tidak mengangkat ikan hanya dengan joran, maka senar akan putus.

3. Ukuran Pelampung yang Pas

Menggunakan senar pancing dan kail yang kecil haruslah menggunakan juga pelampung yang pas untuk mancing ikan mas.

Ukuran pelampung sebaiknya tidak terlalu besar atau dengan ujung yang kecil tetapi kuat tegak didalam air biasanya dari bahan kayu sehingga umpan akan tetap diam pada tempatnya dan pelampung bisa merespon gerakan umpan dengan baik.

4. Umpan yang Ampuh

Menggunakan umpan yang ampuh untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan mas sesuai keinginan adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Campuran umpan yang biasa digunakan seperti adonan dari bahan telur bebek, kroto, susu bubuk atau kental, dan potongan keju kemudian dihaluskan dan dibentuk menjadi pelet. Komposisi umpanpun beragam tergantung dari resep yang diajarkan maestro spesialis ikan mas.

5. Cara Melempar Umpan

Cara melemparkan umpan atau pancing tidak boleh terlalu keras, ukur saja kira-kira dimana tempat ikan berada dengan catatan ukuran senar dan kail bisa berada didalam air serta pelampung mengapung sedikit terendam atau 1/3 batang dari pelangpung tenggelam.

Pengukuran antaran jarak umpan dan pelampung harus diperhatikan, jangan sampai umpan sampai menyentuh dasar kolam, dan pelampung yang baik harus posisi tegak berdiri.

6. Memancing Ikan Mas Butuh Kesabaran Ekstra

Karakter ikan mas yang lebih slow dari pada ikan jenis lain mengharuskan kita untuk sabar sampai umpan dimakan ikan mas, ikan ini bukan jenis yang mengejar mangs tetapi bergerak perlahan dan menunggu ada makanan di dekatnya.

Jika getaran pelampung ringan atau cuma naik turun maka biarkan saja dan jika getaran pelampung seperti tertarik dalam barulah umpan dilahap oleh ikan, pada saat itu langsung ulur sedikit dan tarik dengan cepat ke atas dengan hati-hati. Ingat ! jangan mengangkat ikan ke permukaan dengan joran tetapi angkat ikan dengan jaring atau serok.

7. Jangan Lupa Berdoa

Seperti aktifitas lainnya kita harus berdoa dan meminta keberuntungan kepada Tuhan Yang Maha Esa termasuk ketika memancing yang membutuhkan kesabaran dalam mendapatkan rezeki berupa sambaran ikan. Paling penting setelah berdoa dan melempar pancing jangan lupa banyak banyak Sholawat sehingga doa kita agar mendapat ikan mas banyak bisa cepat dikabulkan.

Mungkin ketika memancing kita merasa senang karena banyak teman dan melupakan pekerjaan rutinitas harian, tetapi berdoa adalah hal yang utama dan harus dilakukan karena hakikatnya rezeki adalah milik Tuhan Yang Maha Esa dan kita hanya meminta serta memohon.

Tips Penting Memancing Ikan Mas

Memancing ikan mas ini memiliki karakter unik dan sensasi tersendiri karena karakternya yang cukup kalem dan tarikan dalam ketika melahap impan, jadi tidak heran kolam pancing ikan mas selalu ramai apalagi tempatnya mudah didatangi dengan transportasi pribadi serta hasil pancingannya yang enak untuk dimasak.

Posisi kolam pancing yang ramai orang dengan target ikan yang sama pastilah menuntut kita untuk memiliki trik-trik khusus yang membuat potensi mendapatkan ikan lebih baik daripada teman teman lainnya.

Salah satu tips penting memancing ikan mas yaitu mengasah teknik memancing yang baik khusus ikan mas terutama jika itu untuk arena kompetisi, mungkin berikut ini ada gambaran tips-tips yang bisa kamu coba ketika memancing ikan mas.

1. Cara Melempar Umpan Ketika Mancing Ikan Mas

Perihal yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang bagus tentunya bagaimana cara kita melempar umpan dan memposisikan ikan tersebut tepat berada pada jarak ikan mas berada dan bergerak mencari makan.

Sebelum memancing ikan mas kadang kita harus menyebar umpan sedikit untuk memancing datangnya ikan, kemudian lemparkan umpan di sekitar spot sebaran umpan tersebut karena ikan mas sangat peka dengan gerakan didalam air. Setelah itu tinggal menunggu.

Cara Melempar - Kemudian kamu juga harus berkonsentrasi dan mengatur pegangan tangan tepat di gagang joran tepat pada dudukan reel, posisi pengaman reel harus terbuka dan sangat baik untuk menahan senar pancing dengan jari telunjuk karena akan meningkatkan kewaspadan dan respon meng-ulur senar pancing.

Posisi joran harus tegak lurus dan searah dengan badan agar posisi respon nyaman kemudian arahkan mata ke titik tempat jatuhnya umpan dan terus waspada.

Jangan lupa gerakkan joran dengan siku ke arah depan sehingga didapatkan posisi benabg pancing tegak lurus dengan air kemduan ayunkan umpan ke arah belakang, ketika umpan mengayun kedepan segera lepaskan telunjuk yang menahan benang sehingga umpan terlempar kedepan.

Jika terasa masih ragu untuk melepas telunjuk, ayunkan umpan kebelakang dan kedepan beberapa kali dan lepas telunjuk ketika sudah yakin.

Cara melempar seperti ini butuh banyak sekali lemparan sampai bisa merasakan tenaga dan jarak yang di inginkan.

Pilihannya ada lemparan dekat dan lemparan jauh, lemparan dekat yaitu posisi umpan tidak jauh dari ujung joran dan lemparan jauh posisi umpan maksimal ditengah kolam, tapi sebaiknya jangan sampai ke tengah.

Titik potensial untuk melempar umpan yaitu di bagian terdalam dari kolam atau empang tempat mancing ikan mas, kemudian pada bagian kolam yang ada pancuran air, arena masuk dan keluarnya air kolam atau mungkin kalau melihat seperti pipa posisi tersebut cocok untuk melempar umpan.

Dan khusus lemparan dekat lebih baik dilakukan jika pinggir kolam terdapat posisi dibawahnya menjorok kedalam seperti cekungan, ikan mas suka bersembunyi disana. Apabila bentuk kolam tidak memiliki ceruk di pinggir hindari untuk lemparan dekat.

Waspada Dengan Getaran Pelampung

Harus kamu tau bahwa setiap ikan mas memiliki cara makan umpan yanb berbeda beda walaupun jenisnya sama yaitu "ikan mas" karena perbedaan cara makan inilah nantinya menimbulkan gerakan yang berbeda-beda pada tiap pelampung.

Ikan mas yang berukuran 1 kilo-an atau yang masih muda pada umumnya memakan umpan dengan kasar sehingga pelampung akan langsung tenggelam, ketika itu kamu harus langsung menghentakkan joran agar mata kail tersangkut.

Berbeda dengan ikan yang besar atau sudah tua, cara makannya akan lebih pelan dan pelampung seperti dimainkan, tapi kamu harus waspada sekali pelampung masuk sedikit ke dalam air harus langsung disentak.

Gerakan Pelampung Ikan Mas yang Harus Di Waspadai

1. Ikan mas yang dewasa akan sangat waspada dengan mangsanya apabila merasakan ada yang menghalangi umpan seperti senar pancing transparan sekalipun maka ikan akan tidak jadi makan dan meninggalkan umpan. Kondisi demikian akan menimbulkan gerakan pelampung hanya sekali saja.

2. Posisi pelampung harus tegak lurus artinya umpan masih mengambang didalam air dan tidak menyentuh dasar, pada posisi ini akan terlihat jelas respon dari gerakan ikan yang memakan umpan.

3. Jika posisi pelampung masih miring maka jarak antaran umpan dan pelampung terlalu panjang, kamu harus mengatur ulang karena itulah disarankan menggunakan pelampung yang cukup panjang dan ramping

4. Jika pelampung bergerak turun naik dengan cepat seperti gerakan jarum di mesin jahit harus langsung menghentakkan joran karena posisi umpan berarti dadalm mulut ikan.

5. Jika pelampung bergerak naik turun perlahan kemudian masuk keair dengan cepat langsung di hentak karena berarti umpan dimakan dan ikan berenang kebawah.

6. Jika pelampung bergerak naik lalu miring artinya ikan memakan umpan dan menyundul ke atas untuk mencari tau, tunggu sebentar sampai posisi pelampung masuk ke air dengan cepat barulah lakukan sentakkan joran.

Perhatikan Gerakan Benang Pancing

Diatas sangat disarankan ketika memancing ikan mas lebih baik benang pancing atau kenur ditahan dengan ujung jari dan bukan penahan reel, alasannya karena dengan ujung jari kita lebih bisa waspada dan merasakan tarikan dari ikan.

Kondisi benang pancing yang baik setelah dilontarkan yaitu tidak ada benang pancing yang tersisa di atas air, atur benang pancing agar sedikit menegang dari ujung joran hingga ke pelampung jadi getaran dan gerakan benang akan terasa pada ujung telunjuk.

Tanda kamu harus menghentakkan joran menurut ketegangan benang pancing yaitu ketika benang dengan tiba-tiba terangkan dan menjauh atau benang yang diatur agak menegang tiba tiba kendor dan mendekat.

Paling sulit terdeteksi dan harus menggunakan telunjuk yaitu ketika benang pancing bergerak mengencang dan mengendur dalam beberapa waktu, jika terjadi demikian cobalah menghentakkan joran dengan tenaga sedang.

Cara Menghentakkan Joran Ketika Mancing Ikan Mas

Ketika ikan mas memakan umpan, umpan tersebut akan berada di dalam mulut ikan dalam beberapa waktu dan tidak langsung disambar, karena itu jika ada tanda tanda pada pelampung dan benang pancing sebaiknya langsung coba untuk menyentakkan joran.

Tidak sulit untuk menyentakkan joran tetapi tenaga yang digunakan harus diatur dan dikondisikan seperti gerakan refleks dan bukan gerakan memaksa contohnya seperti berikut :

1. Pegang joran pada bagian pangkal atau dibelakang reel bisa juga tepat pada dudukan reel sehingga respon hentakkan akan lebih baik.

2. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu harus memposisikan jari telunjuk di depan reel yang menahan benang pancing.

3. Hentakkan pancing dengan cara memutar pergelangan tangan keatas sehingga ujung joran juga bergerak keatas, ingat bukan ditarik. Jika memang mengait kemulut ikan dan mendapatkan strike jangan pernah mengendurkan posisi benang pancing.

4. Arah hentakkan yang baik tentunya berlawanan arah dengan posisi arah umpan, jika umpan lurus di depan, hentakkan ke belakang. Jika umpan di kanan hentakkan kekiri dan jika umpan di kiri hentakkan ke kanan.

Inti dari memancing ikan mas yaitu waspada dan merespon dengan baik gerakan pelampung dan benang pancing karena karakter ikan yang slow dan kalem ketika melahap umpan dan bukan menyambarnya.

Penutup Cara Memancing Ikan Mas


Itulah ulasan umum dari Cara Memancing Ikan Mas yang bisa Gambar Iklan jabarkan dan tulis, adapun dalam keadaan tertentu akan sangat membutuhkan pengalaman dalam mempelajari spot serta karakter ikan, jadi memancing ikan mas justru bisa dikatakan sebagai spesialisasi khusus yang berbeda dengan mancing ikan pada umumnya.