Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memancing Ikan Gabus Lengkap Dengan Umpan Jangkrik Atau Soft Frog

Cara Memancing Ikan Gabus Lengkap Dengan Umpan Jangkrik Atau Soft Frog

Gambariklan.com - Cara Memancing Ikan Gabus Lengkap Dengan Umpan Jangkrik Atau Tiruan adalah artikel yang penulis buat karena memancing toman atau gabus memiliki kerumitan dan sensasi tersendiri.

Memancing ikan gabus pada dasarnya berbeda dengan memancing ikan pada umumnya di danau ataupun dilaut dan ketika memancing gabus ada rasa sensasi tersendiri karena sambaran gabus terasa kuat serta bisa memacu adrenalin saat ada sambaran.

Karakter dari ikan gabus ini memiliki perlawanan dan tarikan sangat kuat sehingga membutuhkan tenaga yang lebih dan dengan teknik mancing tersendiri untuk bisa mengangkat ikan ke permukaan.

Karakter Ikan Gabus

Ikan Gabus atau yang sering disebut dengan toman adalah jenis predator rakus serta teritorial yang suka menyambar umpan dengan tenaga besar.

Saking rakusnya sering terjadi mata kail termakan sampai masuk kedalan perut ikan, dan juga jika bisa menemukan sarang atau spot dengan potensi banyak ikan ini maka tidaklah sulit untuk mendapatkan sambaran yang mendebarkan.

Umpan yang paling disenangi oleh ikan gabus yaitu karakter makluk kecil yang berada di sekitar rawa misalnya katak, belalang dan juga jangkrik, sedangkan untuk alat pancing yang digunakan rasanya standar saja hanya perlu disesuaikan dengan target besaran ikan dan spot.

Poin Penting Dari Cara Memancing Ikan Gabus


Hal yang perlu kamu perhatikan dari cara memancing ikan gabus ini adalah menyiapkan peralatan pancing termasuk didalamnya adalah joran yang kokoh serta senar pancing yang kuat karena sambaran ikan ini sangat bertenaga.

Pentingnya menggunakan joran dan senar pancing yang kuat tidak lain dengan alasan agar ketika terjadi sambaran atau strike piranti yang digunakan mampu menahan beban tarikan ikan yang sangat kuat.

Ketika memancing ikan gabus hindarilah menggunakan piranti yang berbahan dasar kayu biasa atau peralatan mancing seadanya karena banyak kasus joran kayu patah saat disambar ikan.

Cara Memancing Ikan Gabus di Rawa atau Area Sawah


Spot utama yang sangat potensial untuk menangkap ikan gabus yaitu pada daerah yang banyak rawa dan juga area sawah karena disanalah ekosistem serta rantai makanan dari ikan gabus ini tersedia.

Cara Memancing Ikan Gabus di Rawa atau Area Sawah
Ketika memancing ikan gabus di rawa atau sawah kamu harus ekstra berhati-hati karena mangsa dari ikan gabus sama persis dengan mangsa ular sawah, jadi perhatikanlah dengan baik apakah spot tersebut potensial untuk ikan gabus atau ada sarang ular.

Mendeteksi potensi spot tidaklah mudah, hal ini butuh pengalaman serta insting memancing yang tinggi, apalagi untuk menyesuaikan umpan dan target yang sedang dicari.

Ketika sudah menemukan spot untuk melempar umpan berikutnya kamu bisa memilih untuk menggunakan teknik konvensional atau dengan teknik casting, saran saja sih di masa sekarang cara memancing ikan gabus yang enak memang menggunakan teknik casting.

Cara memancing ikan gabus dengan teknik casting membutuhkan piranti khusus casting dengan umpan buatan yang dimainkan seolah-olah katak hidup yang menghindari ikan dan juga teknik casting ini lebih memungkinkan untuk mudah mendapatkan gabus karena ikan ini tertarik dengan umpan yang bergerak.

Cara Memancing Ikan Gabus di Danau


Kemudian jika ingin memancing ikan gabus di spot danau maka juga ada beberapa piranti yang harus dipersiapkan dengan matang yaitu joran pancing yang lentur dan kuat, dalam hal ini joran berkarakter tidak kaku.

Setelah itu untuk senar pancing bisa menggunakan kekuatan medium misalnya di range 2kg -5kg itu sudah cukup, pertimbangan ini berdasarkan pengalaman ikan gabus di danau ukurannya tidak terlalu besar, dan kekuatan di bawah5kg sudah sangat cukup.

Cara mancing ikan gabus di danau Gambar iklan sarankan untuk menggunakan teknik casting karena area spotnyayang luas dan air bergerak, berbeda dengan rawa yang relatif kondisi air diam sehingga butuh gerakan umpan lebih kuat agar menarik perhatian ikan.

Penting Untuk Cara Memancing Ikan Gabus Malam Hari


Berikutnya jika kamu ingin memancing ikan gabus pada malam hari bisa dikatakan itulah waktu yang paling tepat karena ikan ini aktif dimalam hari untuk keluar mencari mangsa.

Tapi untuk cara memancing ikan gabus di malam hari sangat membutuhkan umpan yang tepat seperti umpan casting yang bisa memantulkan cahaya serta gerakkan umpan yang benar-benar mengganggu si gabus serta spot terbaik untuk mancing gabus malam ada di daerah rawa atau persawahan.

Cara Memancing Ikan Gabus dengan Umpan Jangkrik


Poin pertama dari cara memancing ikan gabus dengan umpan jangkrik tentunya tidak bisa menggunakan teknik casting, disarankan untuk menggunakan teknik mancing dudul yang konvensional.

Tetapi mancing dengan umpan jangkrik harus diaplikasikan pada spo yang tepat atau harus disarang gabus misalnya area rawa dan waktu yang pas sekitar sore menjelang malam. Joran yang digunakan bebas dengan kekuatan yang disesuaikan ataupun bisa juga menggunakan joran tegek.

Cara Memancing Ikan Gabus Casting dengan Umpan Buatan


Teknik mancing ikan gabus yang paling disarankan yaitu dengan casting karena umpan lebih atraktif dan menarik perhatian predator seperti toman atau gabus dan tentunya harus menggunakan umpan buatan yang menyerupai mangsanya, ada beberapa macam umpan tiruan yang sering digunakan seperti berikut :

1. Umpan Tiruan Soft frog

Umpan buatan yang paling sering digunakan dan paling cocok untuk mancing gabus adalah soft frog karena umpan ini dirancang dan di desain mirip seperti bentuk kodok asli, kemudian dengan teknik casting maka gerakan umpan menyerupai aslinya.

Cara Memancing Ikan Gabus Casting dengan Umpan Buatan

Bahan dari sof frog dari bahan karet atau sintetis sehingga secara penampakan umpan bisa mengembang seperti katak dengan ukuran yang disesuaikan tergantung gabus yang akan dipancing.

Variasi bentuk dari soft frog bermacam macam tapi jika ingin memilih lebih bagus dengan warna yang kontras misalya kuning atau orange terang yang terlihat mengganggu si gabus yang akan dipancing.

2. Umpan Tiruan Viva Mazzy Frog

Umpan casting tiruan jenis Viva Mazzy Frog juga cocok untuk mancing gabus, bentuknya sama seperti kodok karet dengan tambahan seperti benang-benang berwarna warni yang akan menimbulkan gerakan lebih kacau ketika di casting.

Umpan tiruan soft frog dan viva mazzy pada dasarnya digunakan untuk dua spot yang berbeda, yaitu soft frog di spot seperti sawah atau rawa dengan kondisi air agak keruh dan mazzy frog dengan bentuknya yang nge”jreng” lebih cocok di danau dengan air yang lebih jernih.

3. Umpan Tirun Mouse Frog Soft Lure

Umpan Tirun Mouse Frog Soft Lure juga cocok untuk mancing gabus, untuk ukuran dan warna umpan tinggal disesuaikan dengan spotnya, bentuknya mirip tikus yang ukurannya tidak kecil juga tidak besar, pas untuk gabus ukuran 2kg an.

Seperti yang kita tau kalau gabus itu sangat rakus maka sebagian besar umpan tiruan akan bisa digunakan untuk mancing ikan ini, yang jelas waktu untuk melempar umpan harus sesuai dengan kondisi dimana si ikan sedang aktif mencari mangsa mulai sekitar senja sampai malam.

Umpan Alami Untuk Memancing Ikan Gabus


1. Anak Katak Ukuran Sedang

Jika ingin memancing gabus dengan umpan alami dan taknik konvensional (bukan casting) maka umpan alami yang cocok untuk digunakan yaitu katak atau anak katak dengan ukuran yang sedang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Kondisi katak lebih baik jika masih dalam keadaan hidup sehingga gerakannya air akan sangat menarik ikan gabus untuk disambar, ketika menggunakan umpan kodok penting untuk kamu mengetahui spot yang memang benar-benar sarang gabus.

2. Umpan Cacing

Umpan berikutnya yaitu cacing tanah, misalnya kamu memakai umpan ini jika tidak mendapat ikan gabus bisa jadi akan mendapat ikan jenis lainnya karena cacing memang pada dasarnya adalah umpan semua ikan.

3. Umpan Jangkrik

Selain katak ada umpan yang terbilang cocok untuk mancing gabus yaitu jangkrik. Untuk mendapatkan umpan ini tidaklah sulit kamu hanya harus membeli di tempat umpan ikan atau tempat pakan burung, kail tinggal dikaitkan dari ekor sampai setengah badan jangkrik.

4. Belalang

Selain jangkrik juga bisa menggunakan belalang yang gratis dan bisa dicari disekitar rawa atau sawah, gunakan yang ukurannya cukup besar dan jangan yang terlalu tua.Kalau bisa sih lebih disarankan memakai jangkrik.

5. Ikan Wader

Memancing gabus mungkin bisa juga menggunakan umpan sepetri ikan kecil jenis wader tetapi harus bisa memainkan umpan dengan bagus sehingga menarik perhatian ikan, kalau misalnya memang ingin menarget gabus lebih baik pakai umpan katak atau jangkrik saja.

6. Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang atau yang sering disebut luntung atau gendon terbilang bagus untuk gunakan dalam memancing ikan gabus tetapi jika memakai umpan ulat daun pisang bisa jadi akan dapat ikan jenis lain juga seperti mujahir atau gurame jika ada.

Teknik Untuk Memancing Ikan Gabus

Banyak Teknik yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus atau snakehead atau toman, tapi pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu teknik konvensional atau dengan umpan alami dan teknik casting dengan umpan tiruan.

1. Teknik Mancing Gabus dengan Pelampungan

Seperti teknik memancing ikan biasa yaitu dengan susunan pelampung pemberat dan umpan, umpan yang digunakan bisa katak, jangkrik, belalang, keong, atau kerang-kerangan dan di lempar ke spot yang kira-kira adalah sarang gabus, untuk mancing gabus lebih baik pakai pelampung dengan ukuran besar.

2. Teknik Mancing Gabus Dudul atauTutul

Teknik mancing gabus yang berikutnya dan sering sekali digunakan yaitu dudul atau tutul atau kadang juga dipanggil nutul, beberapa kata ini sama saja secara arti hanya mungkin perbedaan daerah yang menjadikan suaranya berbeda.

Inti dari teknik ini yaitu mencelup – menaikkan umpan berkali-kali sehingga umpan akan terlihat seperti mengacau daerah si gabus di permukaan air, teknik ini memang paling cocok digunakan untuk mancing gabus dengan syarat sudah tau dimana tempat sarang gabus.

Piranti yang digunakan juga biasa saja seperti joran tegek atau joran pancing biasanya yangdisesuaikan dengan besaran target gabus, untuk spot nya lebih cocok pada daerah rawa atau sawah yang bayak ditumbuhi enceng gondok atau teratai.

Umpan yang digunakan bisa beragam, tapi sangat disarankan untuk menggunakan katak hidup ukuran sedang, jangkrik dan juga ulat pohon pisang.

3. Teknik Mancing Teger, Neger atau Tengers

Seperti biasa satu teknik bisa mermacam-macam sebutan tergantung pengucapan daerah masing masing, intinya memancing dengan teknik ini menggunakan banyak joran dan tujuannya untuk mendapatkan banyak ikan kemudian dijual.

Joran ancing yang digunakan berharga ekonomis dan panjangnya sekitar 1 meter an saja dengan umpan katak atau jangkrik, jumlah pancing antara 20, 30 dan bahkan bisa lebih dari 50 joran dengan posisi pada sekeliling rawa. Pancing di taruh sore hari,kemudian ditinggal semalam dan barulah esok paginya diangkat.

4. Mancing Gabus dengan Teknik Casting

Untuk saat ini paling disarankan mancing gabus dengan teknik casting yang menggunakan umpan tiruan karena posisi gerak dari umpan sangat mengganggu gabus untuk menyambar si umpan.

Piranti mancing yang digunakan khusus casting dengan reel spinning ataupun baitcasting dengan cara melempar umpan pada jarak tertentu kemudian menarik umpan dan dilakukan secara berulang-ulang.

Pada dasarnya ikan gabus memiliki sifat agresif dalam memburu mangsanya dan juga teritorial mungkin jadi lebih suka memburu mangsa daripada diberikan umpan yang diam pada satu titik saja

Umpan Tiruan Untuk Mancing ikan gabus dengan teknik casting yaitu Soft Frogie, Minnow, Spoon dan sebagainya. Dengan teknik casting, memancong bisa dikatakan sebagai olah raga karena membutuhkan tenaga yang banyak dan ketahanan tangan yang kuat.

Peralatan Mancing Gabus Dengan Teknik Casting

1. Reel Casting

Reel yang digunakan untuk mancing gabus dengan teknik casting ada dua jenis yaitu Spinning Reel atau Baitcasting Reel yang keduanya bisa diaplikasikan untuk mancing ikan ini dengan umpan tiruan.

Ukuran Spinning Reel yang biasa digunakan berada pada 2000 dengan ukuran spool yang relatif pendek karena memancing ikan gabus tidak butuh benang pancing panjang, jarak 70-100M itu sudah terlalu jauh dan kemungkinan besar lemparan jarang dan hampir tidak ada yang mencapai jarak tersebut, 50M sudah sangat mumpuni.

2. Joran Casting

Joran casting untuk memancing gabus harus benar-benar disesuaikan dengan kekuatan tarikan target dengan panjang joran rata rata 180cm – 200cm, sedangkan untuk joran baitcasting akan lebih pendek.

3. Umpan Tiruan

Untuk mancing ikan gabus dengan cara casting ada beberapa jenis umpan tiruan yang disarankan yaitu soft frog atau soft mouse dengan ukuran yang sedang sekitar 5cm, perhatikan warna umpan yang digunakan, warna terang atau mengkilat akan lebih baik untuk mengundang predator seperti gabus.

4. Senar Pancing PE

Teknik casting pasti menggunakan PE dan itu yang lebih disarankan, ukuran yang biasanya digunakan ada di PE 1 hingga PE 3, untuk ukuran umpan 5CM-8CM akan lebih baik jika menggunakan PE1,5 atau PE 2.

5. Senar Leader

Senar leader berfungsi hampir mirip seperti shock pada motor yang akan menahan beban sambaran gabus yang kuat, ukuran terbaik ada di rentang 20lbs - 40lbs dengan panjang 2 meter serta akan lebih baik menggunakan merk premium.

Cara Mancing Casting Ikan Gabus


Untuk mancing ikan gabus dengan cara casing akan membutuhkan spot yang potensial yaitu di rawa atau pinggiran danau. Lempar umpan tiruan tai dengan jarak tertentu dimana kita kira adalah jalur si gabus bersembunyi.

Retrieve atau tarik secara perlahan-lahan hingga membuat ikan gabus terganggu dan berusaha menyambar, jika melihat tanda sambaran tetapi belum kena umpan maka lempar kembali ke jalur yang tadi.

Pilhan warna dan ukuran umpan buatan seperti soft frog sangat berpengaruh dengan target gabus, namun pada dasarnya gerakan dari umpan lah yang akan pertama kali menarik perhatian ikan predaotr ini, lakukan berulang ulang sampai ada sambaran. Jika belum ada cobalah untuk pindah spot.

Tips Memancing Ikan Gabus Dengan Cara Casting dan Umpan Soft Frog

Penting untuk diketahui bahwa ketika soft frog atau umpan sedang disambar jangan langsung disentak seperti memancing ikan dilaut, biarkan saja beberapa detik agar si gabus menelan umpan terlebih dahulu.

Setelah beberapa saat merasakan tarikan barulah joran bisa di sentak, namun untuk merasakan waktu yang tepat menyentak gabus memang membutuhkan pengalaman, tenaga gabus cukup besar jadi jangan menarik senar dengan terburu buru.

Perlawanan gabus secara umum akan sangat terasa dan giginya yang tajam harus menjadi perhatian untuk tidak meretrieve dengan sangat kuat karena bisa jadi senar pancing akan putus.

Cara Casting Gabus Cepat Strike

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kecepatan strike gabus, pengalaman jelas nomor satu karena insting tidak mudah untuk dipelajari, yang terpenting sesuaikan kekuatan joran dan benang pancing dengan target gabus karena sangat mempengaruhi keberhasilan.

1. Pertama perkiranakan dimana sarang gabus dan kemudian lempar umpan melintang melewati spot yang kita perkirakan tadi, jadi hindari untuk melempar umpan tepat pada spot tetapi lemparlah pada jalurnya.

2. Retrieve senar atau reel dengan perlahan sampai melihat tanda-tanda gabus bergerak atau ada tanda gabusakan menyambar, jika belum ada kamu bisa memvariasikan kecepatan retrieve sampai ada tanda tersebut.

3. Melempar umpan gabus tidak perlu jauh, 10meter saja sudah cukup mumpuni dengan kuantitas lemparan minimal 10 kali, jika sudah hampir 20 kali lemparan dan belum ada tanda akan menyambar kemungkinan spot tersebut minim gabus dan usahakan untuk pindah spot.

4. Perhatikan dengan seksama pergerakan air terutama di dekat tanaman air sperti enceng gondok dan lemparkan berkali kali sampai ada tanda akan menyambar, pola pergerakan gabus akan dengan pelan pelan datang ke jalur mangsang dan bukan ikan yang langsung menyambar.

5. Sebisa mungkin lempar umpan ke jalur yang dangkal karena pada jalur dangkal umpan lebih mudah di lihat ikan dan gabus pun juga sering berada di perairan yang dangkal karena lebih mudah dalam menyergap mangsa.

Hal yang Sering Membuat Gagal Strike Gabus

Selain poin penting agar mudah strike gabus ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika casting dan justru bisa menyebabkan gagal strike.

1. Pertama pemilihan umpan tidak sesuai dengan spot, jika spot terlihat cukup jernih gunakan umpan yang relatif besar dan menghasilkan gerakan memecah kondisi air, jika spot cukup keruh gunakan umpan dengan warna yang mencolok atau mengkilat.

2. Perhatikan juga piranti seperti joran dan PE, kekuatan keduanya harus disesuaikan dengan besaran umpan dan target gabus.

3. Pertama kali soft frog disambar bisa jadi kail belum menancap kemulut gabus, lebih baik biarkan beberapa saat terlebih dahulu dan jika sudah terasa tarikan dalam barulah bisa disentak dan di retrieve.

4. Hindari untuk menarik atau men-drag senar PE dengan sangat kuat karena bisa jadi senar akan putus, juga hindari tarikan yangsangat lemah karena jika gabus masuk ke bawah tanaman akan sulit diangkat, sesuaikan tenaga dengan tarikan ikan.

5. Pastikan terlebih dahulu mata kail umpan masih tajam, karenanya umpan soft frog premium lebih disarankan dari sisi kualitas bahannya.

Penutup Cara Memancing Ikan Gabus

Itulah ulasan dari Cara Memancing Ikan Gabus yang mungkin cukup lengkap mulai dari menggunakan umpan katak atau jangkrik hingga menggunakan cara casting dengan umpan buatan.

Untuk sekarang jika ingin memancing ikan gabus lebih disarankan menggunakan teknik casting karena keberhasilan strikenya yang lebih besar secara pergerakan umpan dan sifat ikan gabus itu sendiri.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Memancing Ikan Gabus Lengkap Dengan Umpan Jangkrik Atau Soft Frog
Penulis : Mas Muktiaji