Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Wisata dan Traveling Saat New Normal

Cara Aman Wisata dan Traveling Saat New Normal

Gambariklan.com - Rasanya sudah sangat ingin berpergian lagi setelah lama dirumah, semoga tips dan cara aman wisata atau travelling ketika masa new normal berikut ini akan bisa bermanfaat untuk kamu.

Dengan ditetapkannya new normal oleh pemerintah dengan harus menerapkan protokol keamanan terbaru untuk menghadapi situasi seperti sekarang, akan ada rasa tidak sabar untuk berwisata dan travelling kembali ketika masa yang mulai membaik.

Banyak destinasi wisata yang sudah mulai buka kembali mulai dari pantai, wisata alam ataupun hotel favorit bisa menjadi wishlist ketika kita nantinya memulai travelling kembali dan agar selalu aman ketika berpergian kembai kamu bisa mencoba tips dan cara aman wisata atau travelling ketika new normal yang sudah gambar ulas seperti dibawah ini.

Cara Aman Wisata dan Traveling Saat New Normal


1. Selalu Gunakan Masker Kain Berlapis

Cara pertama kamu bisa mengikuti rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yaitu dengan mengenakan masker kain berlapis jika ingin berpergian ke tempat umum atau tempat yang nantinya bertemu banyak orang untuk menghindari penyebaran virus dari orang tanpa gejala.

Dengan menggunakan masker berlapis akan meminimalisir dari penularan virus dan bisa menjaga kita lebih baik serta jangan lupa untuk tetap menjaga jarak aman dan jangan berdekatan dengan orang lain serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. 
2. Selalu Bawa Hand Sanitizer

Kemudian yang tidak kalah penting yaitu cuci tangan secara berkala untuk menjaga kebersihan tangan karena banyak kuman dan virus yang bisa menempel di tangan setiap waktu apalagi pasti kita sering juga menyentuh wajah dengan tangan jadi mencuci tangan harus menjadi prioritas.

SEbisa mungkin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir dan apabila kondisi tidak memungkinkan kamu bisa selalu membawa hand sanitizer untuk digunakan menjadi pengganti sabun cuci tangan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland menghasilkan fakta bahwa jumlah bakteri yang tertinggal pada tangan yang dibersihkan menggunakan sabun dan hand sanitizer ternyata tidak jauh berbeda yang artinya ke efektifannya juga hampir sama.

3. Duduk Di Kursi Dekat Jendela Transportasi

Salah satu alasan kenapa harus duduk di dekat jendela ketika dalam sarana transportasi seperti bus ataupun pesawat yaitu menurut penelitian dari Emory University menjelaskan bahwa orang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki lebih sedikit kontak dengan orang yang berpotensi sakit jadi selama musim flu duduk di dekat jendela bisa menjadi tempat yang lebih aman.

4. Gunakan Peralatan Makan Sendiri

Tidak kalah penting disarankan kamu untuk selalu membawa peralatan makan dan minum sendiri mulai dari sendok, garpu, dan tumbler sehingga bisa mencegah terjadinya penularan karena tidak perlu bertukar dan tidak pernah dipakai orang lain.

5. Hindari Posisi Berkerumun

Sangat direkomendasikan ketika berwisata dan travelling dimasa new normal yaitu menghindari lokasi - lokasi yang banyak orang berkerumun misalnya seperti tempat antrian, lebih baik menunggu agar sedikit sepi terlebih dahulu daripada harus kehilangan jarak aman.

6. Check-in Online

Lanjutan dari poin nomor 5 untuk meminimalisir penyebaran virus pada tempat atau fasilitas yang sering berpindah tangan dengan orang lain seperti boarding pass maka kamu bisa melakukannya dengan cara online.

Lebih baik melakukan boarding pass online pada aplikasi yang menyediakan fasilitas tersebut daripada harus bergantian dengan banyak orang, lagipula boarding pass secara online akan membuat proses travelling lebih mudah.

7. Utamakan Destinasi Outdoor

Dimasa new normal ini akan lebih baik jika kita memilih destinasi wisata outdoor daripada indoor karena seperti yang sudah disampaikan pakar kesehatan bahwa penyebaran virus lebih banyak di tempat tertutup.

Dengan begitu jika kita memilih destinasi wisata outdoor seperti air terjun, taman wisata, pantai, gunung, dan lainnya akan lebih mudah menerapkan protokol menjaga jarak dan juga kualitas udara atau sirkulasinya sangat cepat.

8. Bisa Membawa Termometer Digital Sendiri

Disemua tempat wisata sekarang selalu dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan termometer infrared digital, namun khusus di destinasi wisata outdoor kadang tidak ada pengecekan suhu, untuk mengantisipasinya kamu bisa membeli dan membawa termometer yang lebih kecil secara mandiri untuk mengecek suhu tubuh secara reguler di destinasi wisata.

Tips Aman Traveling di Masa New Normal


Terakhir tips dan cara aman travelling atau wisata di masa new normal seperti sekarang yaitu dengan menghindari tempat-tempat yang berpotensi untuk berkerumun dan selalu membawa peralatan penting sendiri sehingga tidak perlu bertukan atau bergantian dengan orang lain seperti hand sanitizer.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Cara Aman Wisata dan Traveling Saat New Normal
Penulis : Mas Muktiaji