Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia

Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia

Gambariklan.com - Bandara atau bandar udara saat ini menjadi sebuah infrastruktur yang sangat penting, namun taukah kamu ada banyak Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia dan sering dikhawatirkan oleh pilot ketika mendaratkan pesawat disana.

Tentu bandara tidak dimiliki oleh semua negara sebagai pintu gerbang masuk keluarnya para traveller dan juga pada setiap wilayah akan membuat bandara memiliki karakteristik masing-masing apalagi di wilayah yang banyak area pegunungan maka bandara yang ada pasti terbilang ekstrim.

Bandara yang ada di seluruh dunia jumlahnya sangat amat banyak, tapi ternyata ada banydara yang terbilang paling ekstrim dan katanya beberapa bandara tersebut tidak disukai oleh pilot dengan berbagai alasan mulai dari berada di dekat gunung atau landasan pacu yang pendek.

Berikut Gambar Iklan mengulas daftar Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia yang bahkan katanya sebagian pilot sangat waspada ketika mendaratkan pesawat disana.

Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia


1. Bandara Narsarsuaq di Greenland

Lokasi Bandara Narsarsuaq berada pada bagian selatan Greenland dan diapit di antara Fjords serta lautan luas sehingga Bandara Narsarsuaq ini menjadi salah satu landasan pacu yang tergolong sulit bagi pilot.

1. Bandara Narsarsuaq di Greenland
Alasannya yaitu karena panjang landasan pacu hanya 1.800 meter saja dan diselimuti es yang licin maka dari itu pilot akan sangat waspada dan harus berjuang dengan visibilitas minim dan angin kencang yang bisa menyebabkan turbulensi parah jadi pikir pikir lagi deh kalau kamu mau travelling lewat bandara ini.

2. Bandara Barra di Hebridean Skotlandia

Satu-satunya tempat di dunia ketika artikel ini ditulis yang mengizinkan pesawat mendarat di pantai berlokasi pada wilayah pulau kecil Barra di Hebridean lepas pantai barat Skotlandia.

2. Bandara Barra di Hebridean Skotlandia

Pada tepi pantai Traigh Mhor yang cukup luas akan tertutup oleh air laut ketika pasang dan di pantai itulah menjadi lokasi bandara, karena kondisi geografisnya menyebabkan landasan pacu jadi sangat pendek dan hanya ditandai dengan tiang-tiang kayu.

Jika permukaan bandara tertutup air maka akan diparkirkan kendaraan sepanjang landasan pacu dengan lampu menyala untuk menjadi acuan pilot untuk lepas landas, jadi bandara ini tak beroperasi pada malam hari, sangat luar biasa ekstrim.

3. Bandara Kushok Bakula Rimpochee di Leh Jammu and Kashmir India

Bandara Kushok Bakula Rimpochee di Leh Jammu and Kashmir India ini menjadi sangat diwaspadai oleh pilot karena menjadi salah satu bandara paling indah dan tinggi di dunia berada di ketinggian 3.230 meter di atas permukaan laut.

3. Bandara Kushok Bakula Rimpochee di Leh Jammu and Kashmir India

Faktor lokasinya yang berada di ketinggian ini membuat pilot harus bertarung dengan angin gunung yang kuat dan menyebabkan tekanan yang tidak dirasakan pada lokasi bandara lainnya.

4. Bandara Lukla di Nepal

Berikutnya yang menjadi gerbang Gunung Everest yaitu Bandara Lukla di Nepal dan sering disebut denga Tenzing-Hillary.

4. Bandara Lukla di Nepal

Bandara Lukla ini hanya memiliki satu landasan pacu yang panjangnya hanya 487 meter serta pada salah satu sisi landasan adalah dinding tembok gunung dan sisi lainnya berupa jurang berkedalaman 670 meter, kurang ekstrim bagaimana lagi ?

5. Bandara Internasional Malé di Maldives

Hampir semua traveller mancanegara pasti tau indahya pantai di Maldive dengan laut birunya yang indah, tetapi dari sisi penerbangan ternyata para pilot banyak yang merasakan kekhawatiran ketikan mendaratkan pesawat di Bandara Internasional Malé atau yang dikenal dengan Bandar Udara Internasional Velana.

5. Bandara Internasional Malé di Maldives

Pasalnya sebagian kondisi geografisnya adalah perairan jadi pilot harus berjuang terlebih dahulu ketika akan menurunkan pesawat di landasan pacu yang berada pada ketinggian hanya 2 meter saja di atas permukaan laut bayangkan jika terjadi kesalahan perhitungan bisa jadi pesawat langsung tergelincir ke lautan.

6. Bandara Internasional Cristiano Ronaldo di Santa Cruz Portugal

Buat kamu pecinta sepak bola pasti tidak asing dengan Bandara Internasional Cristiano Ronaldo di Santa Cruz Portugal yang juga dinamai dari bintang sepak bola tersebut. 

6. Bandara Internasional Cristiano Ronaldo di Santa Cruz Portugal

Lokasi bandara ini bisa dikatakan sulit karena beberapa alasan yaitu salah satunya karena berada di dekat Samudra Atlantik sehingga mengharuskan pilot untuk menghindari laut dan bebatuan apalagi ada faktor penghambat lagin seperti tekanan angin laut yang kencang dan kuat.

7. Bandara Internasional Princess Juliana di St Maarten Belanda

Bandara yang memberikan rasa was-was kepada para pilot yaitu Bandara Princess Juliana International Aiport yang berlokasi di St Maarten Belanda karena landasan pacunya dekat dengan pantai dengan kekuatan angin yang sangat kencang.

7. Bandara Internasional Princess Juliana di St Maarten Belanda

Bayangkan saja ketika pesawat hendak mendarat atau terbang maka jaraknya hanya beberapa puluh meter saja di atas kepala wisatawan yang bersantai di Pantai Maho dan jika terjadi salah perhitungan maka korban bisa tak terhindarkan.

Penutup Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia


Sangat banyak sekali ragam Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia dan yang membuat lokasinya berbahaya yaitu karena kondisi geografis yang berat seperti di ketinggian ataupun dekat dengan pantai.

Tapi, disamping kondisi geografisnya yang ekstrem justru menjadikan pemandangan pada bandara-bandara ini sangatlah indah dan cocok untuk fotografi.

Artikel ini telah tayang pada Gambariklan.com
Dengan judul : Bandara Paling Ekstrim Di Seluruh Dunia
Penulis : Mas Muktiaji