Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

15 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

Gambariklan.com - Kali ini penulis merangkum 15 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia yang pastinya bisa menjadi tujuan destinasi kamu jika suka dengan wisata alam yang menakjubkan.

Tentu seperti yang kita tau kalau destinasi wisata alam di Indonesia tidak pernah ada habisnya dan diantara kekayaan alam yang ada di nusantara situs air terjun menjadi salah satu pilihan destinasi wisata favorit untuk alternatif traveling.

Dari seluruh penjuru Indonesia terdapat ribuan air terjun mulai dengan debit yang bersar dan kecil serta segala bentuk keindahannya namun belum semuanya tercatat dan terjamah manusia.

Diantara air terjuan - air terjut tersebut, berikut ini ada 15 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia dengan ketinggian air terjun ini lebih dari 90 meter, 100 meter, juga ada yang sampi 250 meter dan menyimpan keunikan serta keindahan yang berbeda.

15 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia


1. Air Terjun Ponot

Pada urutan pertama ada Air Terjun Ponot dengan ketinggian 250 meter yang berlokasi di Desa Halado, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari 3 buah susunan atau tingkat-tingkatan dan jika ketika tingkatan tersebut jika digabungkan maka total ketinggiannya mencapai 250 meter.

1. Air Terjun Ponot
Selain Air Terjun Ponot menjadi tertinggi, debit airnya juga deras hingga bisa menimbulkan kabut dibagian dasar jatuhan air, serta panorama dari air terjun ini sangat indah ber hoaskan bebatuan besar dan tumbuhan-tumbuhan hijau di sekelilingnya sehingga lengkap sudah unsur unsur kemegahannya.

2. Air Terjun Madakaripura

2. Air Terjun Madakaripura
Kedua ada Air Terjun Madakaripura yang berada di daerah Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 200 meter serta memiliki keunikan dari posisi geografisnya yang berada di ujung lembah sempit dengan tebing curang di sekelilingnya, selain itu Air Terjun Madakaripura juga dijuluki Air Terjun Abadi karena debit airnya yang selalu melimpah sepanjang tahun.

3. Air Terjun Nokan Nayan

3. Air Terjun Nokan Nayan

Pada urutan berikutnya ada Air Terjun Nokan Nayan yang berlokasi di Kalimantan Barat dengan ketinggian mencapai 180 meter serta debit air yang sangat deras sehingga air terjun ini memiliki kabut dari ketinggiannya.

Nokan Kayan terkenal dengan keindahannya dan juga karena mitosnya yang menyebutkan jika air terjun ini merupakan tempat tinggal bagi para makhluk gaib, maka dari itu jika kamu berkunjung ke tempat ini akan banya larangan-larangan yang harus ditaati.

4. Air Terjun Lembah Harau

4. Air Terjun Lembah Harau

Air terjun tertinggi di Indonesia berikutnya yaitu Air Terjun Lembah Harau dengan ketinggian 150 meter yang sangat populer di kalangan wisatawan serta menjadi destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berlibur ke Sumatera Barat.

Lokasi Air Terjun Lembah Harau ini berada di Kota Payakumbuh Sumatera Barat yang jaraknya sekitar 138 km dari Kota Padang dan 47 km dari Kota Bukittinggi, jadi dari kedua kota ini membutuhkan waktu tempuh yang lumayan.

Pada kawasan wisata air terjun Lembah Harau ini selain bisa menikmati pemandangan air terjun kamu juga bisa melakukan panjat tebing, ingat khusus yang sudah mahir dan berpengalaman.

5. Air Terjun Batang Kapas

5. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas berlokasi Kabupaten Kampar Provinsi Riau dengan ketinggian hingga 133 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Sumatera serta urutan kelima dari seluruh Indonesia.

Air Terjun Batang Kapas terbilang masih sangat alami karena untuk mencapai tempat ini dibutuhkan usaha yang cukup keras dengan menempuh jalan terjal berpuluh-puluh kilometer jauhnya, lebih cocok untuk kamu yang suka trekking.

6. Air Terjun Sipiso-Piso

Ke enam ada Air Terjun Sipiso-Piso yang memiliki ketinggian 120 meter, berlokasi di Sumatera Utara, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo dimana nama Sipiso-Piso sendiri berasal dari nama Gunung yang berada arah di timur laut, jadi gunung dan air terjunnya memiliki nama yang sama.

Posisinya berada di sekitar bibir Danau Toba dengan debit air yang sangat deras sehingga jatuhnya air membentuk garis vertikal yang sempurna lurus kebawah sehingga air terjun ini termasuk ke dalam tipe Plunge.

7. Air Terjun Tumpak Sewu

Nomor tujuh ada Air Terjun Tumpak Sewu dengan ketinggian sekitar 110 meter atau 120 meter dan bahkan bisa lebih dari itu dan lokasinya berada di perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur

Karena bentuknya yang unik maka Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu disebut sebagai Niagara-nya Indonesia dengan formasi unik berupa aliran air yang bentuknya menyerupai tirai nan indah.

8. Air Terjun Kabut Pelangi

Selanjutnya ada Air Terjun Kabut Pelangi dengan ketinggian yang mencapai 110 meter dan berada di kaki Gunung Semeru serta masih dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang sehingga membuat air terjun ini memiliki daya pikat yang sangat istimewa berlatar belakangkan landscape gunung.

Dinamai Kabut Pelangi karena pada saat tertentu akan muncul view keindahan pelangi di dasar jatuhnya air akibat dari membiasnya air terjun saat bertemu dengan cahaya matahari ditambah suasananya yang asri karena berada di tengah hutan belantara membuat lengkapnya nilai dari keindahan alam.

9. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan berada di di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di kaki Gunung Rinjani dengan ketinggian mencapai 110 meter. Apabila kamu mendaki gunung Rinjani via jalur pendakian Torean maka akan terlihat pemandangan indah dari air terjun paling ini.

Sumber aliran airnya dari Segara Anak yang berada di tengah-tengah bekas letusan Gunung Rinjani sehingga membuat debit airnya sangat deras dengan warna hijau toska dan sering membuat kabut di bawah jatuhan air.

10. Air Terjun Sedudo

Urutan air terjun tertinggi di Indonesia ke sepuluh ada air terjun Sedudo yang ketinggiannya yang mencapai 105 meter dengan keindahan yang luar biasa sehingga sering disebut masyarakat setempat sebagai tempat mandi para dewa, Ntab!

Dahulu kala pada masa Kerajaan Majapahit, Air Terjun Sedudo ini termasuk kawasan yang suci sehingga tidak sembarangan orang yang bisa berkunjung kesini, dan mungkin karena itulah mitos pemandian dewa dewi terbentuk.

Karena latar belakangnya yang teruji oleh waktu dengan sejarah yang panjang maka jika kamu berkunjung ke air terjun ini ada beberapa pantangan yang harus ditaati.

11. Curug Citambur

Curug Citambur termasuk salah satu daftar air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 100 meter yang memiliki tiga tingkatan air terjun serta debit air yang cukup banyak sehingga cukup berbahaya untuk berada di bawah jatuhan air, jadi jika kamu ingin menikmati lebih baik dari kejauhan dan pada tempat yang disediakan untuk wisatawan.

12. Curug Surodipo

Berada di sekitar Temanggung ada Air Terjun Surodipo yang termasuk salah satu destinasi wisata baru dan juga terkenal dengan nama Curug Trocoh dengan ketinggian pancuran air mencapai 100 meter.

Lokasi dari Air Terjun Surodipo berada pada kawasan cukup terpencil yatu di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung yang membuat akses menuju air terjun ini lumayan sulit, tetapi semua akan terbayar dengan suasana asri dan udara yang segar.

13. Curug Ngebul

Curug Ngebul atau Air Terjun Ngebul juga berada di kawasan Jawa Barat berketinggian mencapai 100 meter yang asal namanya sangat erat dengan legenda setempat yaitu konon dahulu kala ada seorang putri yang tengah mandi di curug ini sehingga air curug jadi beruap, beruap atau menguap ini dalam bahasa setembat disebut dengan "ngebul".

Jika kamu trekking ke Curug Ngebul ini akan sering melihat kabut tebal dari percikan air terjun yang membuat akses untuk menuju bagian bawah dari Curug Ngebul cukup sulit, tapi tak apa itulah esensi dari air terjun.

14. Air Terjun Bedegung atau Curup Tenang

Meskipun memiliki sebutan yang berbeda Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung menjadi salah satu air terjun tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian 99 meter yang aliran airnya bersumber dari mata air tidak pernah kering di celah Bukit Barisan serta memiliki udara yang sangat sejuk.

Lokasi dari Curug Tenang ini berada di desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan yang jaraknya sekitar 56 km ke arah selatan Muara Enim dan sekitar satu jam atau 210 km dari kota Palembang.

Aksesibilitanya dapat dijangkau oleh semua jenis kendaraan mulai dari motor hingga mobil yang memudahkan pengunjung datang dari luar daerah. Sekarang ini pemerintah setempat sudah membangun jalan baru dari Prabumulih ke Simpang Meo sepanjang 87 km melalui kawasan hutan tanaman industri dan perkebunan kelapa sawit sehingga jarak dari Palembang ke desa Curup Tenang Bedegung kini cuma 2 jam-an atau sekitar 177 km saja yang lebih pendek daripada rute Muara Enim.

Jika kamu berkunjung kesini maka untuk mencapai air terjun harus melalui jalan setapak sepanjang 600 meter yang dibangun di tepi sungai dan jembatan yang melintasi sungai kecil, selain itu pada kawasan ini juga terdapat fasilitas arung jeram, pemandian alami dengan air dingin segar dan dilengkapi juga dengan area memancing.

15. Curug Cipendok

Ke lima belas atau daftar terakhir dari Gambar Iklan ada Curug Cipendok dengan ketinggian 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet, air terju ini memiliki daya tarik yaitu lingkungan yang masih betul-betul alami dan terasa sunyi.

Pada dasarnya karena masih belum banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam serta hawanya yang sejuk, akses jalan menuju ke air terjun ini melewati area perkebunan yang disekitarnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

Kondisi jalan menuju lokasi air terjun Curug Cipendok sudah diaspal sampai lokasi parkir kemudian disusul dengan jalan kaki sampai ke spot air terjunya, tenang saja disini banyak warung sehingga perut bisa diatasi jika sudah meronta-ronta.

Penutup Air Terjun Tertinggi Di Indonesia


Itulah daftar 15 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia dari GambarIklan.com yang bisa dirangkum dari berbagai sumber. Kalau kamu suka travelling ke alam bebas, semua daftar air terjun diatas bisa menjadi list tujuan yang harus kamu kunjungi.