Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Agar Memancing Ikan Tetap Ramah Lingkungan

5 Tips Agar Memancing Ikan Tetap Ramah Lingkungan

Gambariklan.com - Kegiatan memancing identik berhubungan dengan alam, karenanya ada beberapa tips agar ketika memancing bisa tetap aman dan ramah dengan lingkungan.

Tentu hobi memancing bisa menjadi sebuah aktifitas yang menyenangkan, kesabaran, dan juga yang paling penting bisa menikmati kondisi alam pada lokasi dimana kita melemparkan kail.

Karena dituntut harus sabar, kadang makanan cemilan serta minuman harus dibawa untuk mengganjal perut, maka dari itu menjaga kondisi agar lingkungat tetap bersih akan sangat amat penting.

Apabila ketika kita memancing kemudian meninggalkan sampah sampah maka kerusakan alam tidak bisa dihindari dan efeknya nanti ekosistem ikan bisa menjadi semakin sedikit dan hilang.
Teknik dan alat-alat memancing yang bagik memang penting, tetapi ada juga beberapa tips agar ketika memancing kondisi, keseimbangan serta kebersihan alam bisa tetap terjaga.

Tips Memancing Ikan Agar Ramah Lingkungan


1. Ambil Ikan yang Layak di Konsumsi Saja

Memang inti dari memancing adalah mendapatkan ikan, tapi tidak semua ikan yang terpancing boleh dibawa pulang.

Intinya kamu harus mengetahui jenis ikan yang ingin dipancing dan jangan serakah kemudian ambil bawa pulang ikan yang berukuran cocok untuk konsumsi saja. 

Dan jika ukuran ikan yang didapat masih relatif kecil maka lepaskan lagi agar ikan tersebut bisa tumbuh berkembang lagi.

Jika semua ikan yang didapatkan kamu ambil bawa pulang bisa jadi akan merusak rantai kehidupan ikan di spot tersebut, terlebih lagi jika kamu dapat ikan yang sedang mengandung telur maka harus dilepas kembali.

Apabila kamu menemukan atau bertemu dengan orang yang menangkap ikan dengan cara tidak legal seperti "nyetrum" atau memancing dengan menangkapi ikan yang dilarang langsung laporkan ke pihak terkait.

2. Senantiasa Mematuhi Peraturan yang Ada di Spot

Pada semua spot mancing pasti memiliki aturannya masing masing dan hidari untuk memancing di area pribadi kemudian area konservasi ataupun area yang sedang ramai oleh nelayan karena pada dasarnya merekalah yang memiliki spot tersebut.

Memancinglah di tempat yang bebas untuk dipancing oleh siapapun misalnya dipinggiran pantai yang tidak ada kelompok nelayan, apabila memancing didaerah tertentu seperti tambah maka mintalah izin terlebih dahulu kepada pemiliknya.

3. Jangan Berkerumun dan Tetap Jaga jarak

Tetap menjaga jarak antar pemancing ini bukan karena faktor kesehatan tertentu melainkan lebih ke kesempatan untuk ikan menemukan umpan lebih baik, kalau mancing terlalu berdempetan dan kail sering diangkat turunkan pasti ikan akan takut dan pergi.

Perihal yang jelas dan sudah diketahui banyak pemancing yaitu ikan tidak akan berkumpul di satu tempat maka dari itu jaga jarak dan bagi tempat oleh pemancing lain misalnya berjarak 5 Meteran lebih.

Kemudian jika kamu memancing di area wisata seperti dekat dengan pantai yang banyak pengunjungnya lebih baik cari lokasi yang agak lebih jauh dari keramaian tersebut.

4. Hargai Apa yang Kita Dapat

Maksud dari hargai yang kita dapat masih berhubungan dengan poin pertama, jadi kita ambil saja ukuran ikan yang layak konsumsi dan jika untuk pribadi ambil secukupnya karena masih banyak waktu untuk memancing dihari yang lain.

Jika dapat ikan yang ukurannya kecil atau ikan yang memiliki telur langsung saja dilepas kail yang menancap dengan hati hati dan lepaskan kembali.

Jangan mempermainkan ikan yang kita dapat misalnya menaruh ikan diluar air terlalu lama, ikan yang kita dapatkan dan kemudian dilepas kailnya jelas masih hidup.

Jika ingin berfoto ya senormalnya saja untuk diabadikan, setelah itu langsung masukkan kembali ke box ikan yang ada airnya, bagaimanapun juga sebelum untuk dikonsumsi, ikan tersebut masih makhluk hidup.

5. Jaga Lingkungan, Jangan Buang Sampah Sembarangan

Bekal makanan atau bungkus dari peralatan atau umpan adalah sampah, karena itu jangan dibuang sembarangan apalagi di sekitar spot mancing, masukkan ke plastik besar dan bawa pulang kemudian dibuan ke tempat sampah yang benar.

Kemudian ketika mancing gunakan saja peralatan pancing yang ramah lingkungan misalya alat pancing yang tidak membuat cacat atau mematikan makhluk laut seperti racun atau peledak sangat terlarang, jika menemukan tindakan tersebut langsung laporkan ke petugas kemanan.

Penting ! jangan pernah membuang baran yang berbentuk tali atau jaring ke lautan karena banyak makhluk laut yang terjerat dan mematikan secara sia-sia.

Kesimpulan Tips Memancing agar Ramah Lingkungan


Intinya ketika kita memancing sebisa mungkin tetap jaga kondisi lingkungan agar senantiasa bersih dan makluk hidup di spot tersebut tetap terjaga sehingga efeknya nanti ekosistem ikan akan selalu dalam kondisi bagus.